PN Tamiang Layang optimis mampu menerapkan peradilan modern

id kabupaten barito timur,pengadilan barito timur,ketua PN Bartim,Ketua PN Tamiang Layang,Maskur Hidayat

PN Tamiang Layang optimis mampu menerapkan peradilan modern

Ketua PN Tamiang Layang Maskur Hidayat foto bersama hakim dan staf sebelum pertandingan bola voli persahabatan antara PN Tamiang Layang dan Pengadilan Agama Tamiang Layang, Senin (19/8/2019). (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pengadilan Negeri Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah optimis mampu menerapkan peradilan modern berbasis teknologi, sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang sedang bersinggungan dengan hukum maupun mencari keadilan.

Optimisme itu karena pelayanan secara online telah dilaksanakan sejak tahun 2018 dan terus dibenahi penerapannya agar masyarakat semakin mudah menggunakannya, kata Ketua PN Tamiang Layang Maskur Hidayat melalui Humas Helka Rerung  di Tamiang Layang, Selasa.

"Jadi, apa yang disampaikan Ketua Mahkamah Agung M Hatta Ali terkait perlunya pembenahan, khususnya pelayanan secara online di Lembaga Peradilan, sudah dan akan terus kami terapkan," ucapnya.

Penerapan pelayanan secara online pun bukan hanya di PN Tamiang Layang, tapi juga di Pengadilan Agama setempat. Langkah itu sejalan dengan tema ulang tahun Mahkamah Agung ke-74 yakni, peradilan modern berbasis teknologi informasi utk melayani.

Helka mengatakan langkah dan upaya tersebut untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan keunggulan teknologi informasi. Secara bertahap hal ini mendorong efesiensi di lembaga peradilan, membuka akses terhadap keadilan, menjadikan lembaga peradilan lebih transparan dan akuntabel, serta membantu lembaga peradilan untuk memberikan pelayanan yang lebih prima.

Baca juga: Kejari Barito Timur segera lelang mobil hasil rampasan negara

"Hari jadi Mahkamah Agung ke-74 menjadi momentum untuk kembali merefleksikan keberadaan PN Tamiang Layang, baik dalam tatanan Kenegaraan maupun kontribusi dalam perkembangan masyarakat serta Negara," kata dia.

Momentum ini dijadikan sarana untuk kembali mengukuhkan komitmen dalam memberikan layanan terbaik di bidang hukum dan keadilan, dengan memperkuat kerjasama serta membangun konsolidasi internal yang menjadi energi pendorong pelaksanaan fungsi pelayanan lembaga peradilan.

"Kami juga sudah memiliki Himne Mahkamah Agung yang memiliki nilai mempersatukan tekad, semangat dan jiwa seluruh warga peradilan serta menumbuhkan kecintaan dan kebanggan warga peradilan terhadap lembaga peradilan," kata Helka.

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Mahkamah Agung ke-74, Pengadilan Negeri Tamiang Layang dan Pengadilan Agama Tamiang Layang mengadakan upacara bersama di halaman kantor Pengadilan Negeri Tamiang Layang.

Acara dilanjutkan dengan syukuran dengan ditandai memotong nasi tumpeng, serta olah raga bola voli bersama untuk memupuk kebersamaan dalam lingkungan keluarga besar warga peradilan di Kabupaten Barito Timur.

Baca juga: Wabup Barito Timur apresiasi ajang lari bertabur warna

Baca juga: Isi kemerdekaan RI dengan membina generasi muda, kata Bupati Bartim