Berikut cara melindungi privasi akun Anda di Facebook

id akun facebook,lindungi privasi,Berikut cara melindungi privasi akun Anda di Facebook

Berikut cara melindungi privasi akun Anda di Facebook

Ilustrasi - Facebook (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Pengguna media sosial perlu khawatir terhadap keamanan akun mereka terutama jika suka membagikan informasi atau aktivitas pribadi.

"Kami mendorong orang-orang untuk mengecek setelan privasi mereka," kata Privacy and Public Policy Manager Facebook Asia Pasifik, Arianne Jimenez, saat bertemu media di Jakarta, Kamis.

Pengguna Facebook sebaiknya memahami panduan dan alat-alat yang disediakan oleh platform tersebut agar akun media sosial mereka terlindungi.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan agar pengguna bisa melindungi privasi akun Facebook.

1. Kata kunci kuat

Usahakan tidak menggunakan password atau kata kunci yang sama untuk beberapa akun di dunia maya, termasuk akun email dan media sosial. Buat kata kunci minimal enam karakter dan sulit ditebak, jangan gunakan nama atau identitas dalam kata sandi.

Facebook menyarankan untuk menggunakan kombinasi angka, huruf dan tanda baca. Setelah itu, jangan pernah membagikan kata kunci kepada siapa pun.

2. Cek alamat situs

Luangkan waktu untuk mengecek situs URL yang akan dibuka, pelaku kejahatan siber sering kali membuat website palsu dengan alamat yang mirip dengan situs resmi.

3. Selalu log out

Selalu keluar atau log out setiap kali selesai menggunakan Facebook, terutama jika menggunakan komputer bersama. Jika lupa atau tidak yakin sudah log out, pengguna bisa keluar dari jarak jauh melalui pengaturan keamanan di fitur Setting.

Pilih opsi "di mana Anda masuk" dan klik "keluar" untuk log out dari Facebook di perangkat yang tidak dipakai.

4. Selektif berteman

Jika tidak yakin, jangan terima permintaan pertemanan, friend request, dari orang yang tidak dikenal. Pelaku kejahatan internet sering membuat akun palsu untuk berteman dengan korban.

5. Hati-hati dengan perangkat lunak

Perbarui peramban (browser) secara berkala dan hapus aplikasi yang mencurigakan .

6. Jangan asal klik

Meski pun menerima tautan atau link dari teman, jangan klik jika merasa tautan tersebut mencurigakan.

7. Pakai fitur keamanan tambahan

Aktifkan verifikasi dua langkah, two-factor authentication untuk login ke Facebook. Setelah mengaktifkan fitur ini, penggguna akan mendapat verifikasi tambahan saat login misalnya berupa kode yang dikirimkan melalui SMS.