Trinsing Wakili Barut ikuti lomba GSI tingkat Kalteng

id lomba gsi tingkat kalteng,desa trinsing wakili barito utara,loma gerakan sayang ibu kalteng

Tim penilai lomba GSI tingkat Provinsi Kalteng ketika melakukan penilaian Posyandu di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan pada penilaian lomba GSI tingkat Kalteng 2019, Rabu (11/9). (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan mewakili Kabupaten Barito Utara mengikuti lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2019, Rabu.

Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda setempat H Masdulhaq mengatakan GSI  merupakan gerakan percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi yang dilaksanakan bersama-sama pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

"Kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu wujud hak asasi perempuan dan anak, dan merupakan tugas bersama antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan perempuan," kata Masdulhaq membacakan sambutan Ketua TP PKK Barito Utara.

Menurut dia, tujuan dari kegiatan GSI ini untuk menurunkan angka kematian ibu karena hamil, melahirkan dan nifas serta menurunkan angka kematian bayi. Meningkatkan pengetahuan ibu atau kaum perempuan mengenai penyakit menular seksual (PMS).

Kemudian meningkatkan pengetahuan ibu hamil atau kaum perempuan mengenai perawatan kehamilan, proses melahirkan yang sehat, pemberian ASI eksliusif dan perawatan bayi.

"Kepada tim penilai lomba GSI tingkat Kalteng saya ucapkan terima kasih yang telah datang ke desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan dalam rangka penilaian langsung ke desa," katanya.

Dia mengatakan, kegiatan penilaian ini tentunya juga menjadi sarana yang baik bagi masyarakat khusunya di daerah ini. 

"Dan kami juga meminta masukan-masukan positif sebagai bahan evaluasi agar kedepannya gerakan sayang ibu semakin maju. Tahun ini GSI Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan mewakili Barito Utara dalam lomba GSI tingkat Provinsi Kalteng yang kita laksanakan pada hari ini," jelasnya.

Dalam penilaian tersebut, lima orang tim penilai GSI Provinsi Kalteng langsung melakukan penilaian diantaranya Posyandu, Rumah Konseling dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Trinsing.
 
Penilaian lomba GSI tahun ini juga dihadiri lima orang dari Provinsi Kalteng yaitu Dra Marwati Sukwatini (Dinas P3APPKB Kalteng), Alfi Isnawaty (TP-PKK Kalteng), Nova Eka Wondarsari (Dinkes Kalteng), Sri Purnawati dan Memei Apriana (Dinas P3APPKB Kalteng), Kades Trinsing dan undangan lainnya.

Penilaian lomba GSI tingkat Provinsi kalteng ini dilaksanakan di delapan kabupaten yaitu Pulang Pisau, Kapuas, Barito Selatan, Murung Raya, Barito Utara, Sukamara, Lamandau dan Kotawaringin Barat.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar