Bupati Kotim memotivasi kontingen O2SN dan GSI raih prestasi

id Bupati Kotim memotivasi kontingen O2SN dan GSI raih prestasi, kalteng, sampit, kotim, kotawaringin timur, bupati Kotim, Halikinnor, Irfansyah, disdik

Bupati Kotim memotivasi kontingen O2SN dan GSI raih prestasi

Bupati Halikinnor bersama pejabat lainnya berfoto bersama kontingen O2SN dan GSI yang akan berangkat mengikuti pertandingan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Senin (7/8/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor memotivasi kontingen pelajar untuk menampilkan kemampuan terbaik agar bisa meraih prestasi tertinggi pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SD-SMP-SMA dan Gala Siswa Nasional (GSI) SMP tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. 

"Alhamdulillah Porprov XII Kalteng yang baru berakhir, kita menjadi juara umum. Mudah-mudahan ini nanti juga bisa juara umum. Tapi saya minta kalian tidak terbebani. Juara umum itu bukan target, tapi tujuan. Berikan kemampuan terbaik kalian," kata Halikinnor di Sampit, Senin. 

Harapan itu disampaikannya saat pemberangkatan kontingen yang akan berlaga di O2SN dan GSI 2023 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya. 

Halikinnor menjelaskan, dalam Porprov XII Kalteng pekan lalu Kotawaringin Timur mencetak sejarah. Selain pertama kali meraih gelar juara umum Porprov, Kotawaringin Timur juga merupakan daerah pertama yang berhasil merebut gelar juara umum dari juara bertahan Palangka Raya. 

Prestasi ini wujud komitmen pemerintah daerah terhadap pembinaan bidang olahraga daerah. Perhatian dan peningkatan prestasi serupa juga diharapkan terjadi pada pembinaan olahraga di kalangan pelajar. 

Dalam kesempatan ini Halikinnor juga memberi bonus kepada lima atlet pelajar pernah berlaga di tingkat nasional. Ini untuk memotivasi atlet tersebut dan pelajar lainnya agar terus meningkatkan kemampuan. 

Baca juga: Nadalsyah: Target saya gubernur, bukan wakil

Halikinnor berpesan agar kontingen O2SN dan GSI untuk menjaga kekompakan, kebersamaan dan saling mendukung. Keberadaan mereka bukan saja membawa nama sekolah, tetapi juga nama Kabupaten Kotawaringin Timur. 

"Dengan semangat Habaring Hurung atau gotong royong, saya yakin insyaallah kita mampu meraih prestasi terbaik. Potensi atlet-atlet kita tidak kalah dengan daerah lainnya," ujar Halikinnor. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur Muhammad Irfansyah menyebutkan, atlet yang diberangkatkan merupakan para juara O2SN di tingkat kabupaten. 

Sebelumnya 02SN jenjang SD telah dilaksanakan pada 29 sampai 31 Mei 2023, jenjang SMP pada 19 sampai 21 Juni 2023,jenjang SMA pada 18 sampai 22 Juni 2023 dan Gala Siswa Indonesia jenjang SMP pada 7 sampai 20 Juli 2023. 

O2SN tingkat provinsi akan mempertandingkan lima cabang olahraga yaitu atletik, karate, silat, renang dan bulu tangkis, sedangkan GSI khusus mempertandingkan sepak bola. 

"Untuk GSI ini selama empat tahun kita selalu menjadi juara umum, sampai mewakili ke tingkat nasional. Karate tahun lalu juga sampai ke tingkat nasional. Insyaallah juara umum GSI. Tingkat SMK juga sudah selesai dan Kotawaringin Timur menjadi juara umum," demikian Irfansyah. 

Baca juga: Jadi duta daerah, Paskibraka Kotim wajib tingkatkan pengetahuan

Baca juga: Masyarakat Kotim diajak tingkatkan perlindungan anak

Baca juga: Panitia Besar Porprov Kalteng bentuk tim investigasi