Gerbang Kantor DPRD dijebol ribuan mahasiswa

id pendemo jebol gerbang,Demo mahasiswa,Dpr,Rkuhp,Uu kpk,revisi uu kpk,mahasiswa beraksi

Gerbang Kantor DPRD dijebol ribuan mahasiswa

Mahasiswa menjebol gerbang DPRD Jawa Tengah saat berunjuk rasa tolak revisi UU KPK dan RUU KUHP. (Foto:Wisnu Adhi)

Semarang (ANTARA) - Ribuan mahasiswa yang melakukan unjuk rasa menolak Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi hasil revisi dan Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana menjebol gerbang DPRD Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Selasa.

Setelah menjebol gerbang, para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Semarang tersebut hendak masuk ke halaman DPRD Provinsi Jateng, namun berhasil dicegah oleh aparat kepolisian yang mengamankan unjuk rasa.
 
Sebelum menjebol gerbang, sejumlah mahasiswa menaiki pagar besi sambil berorasi.

Para mahasiswa tersebut menuntut bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menyampaikan aspirasinya secara langsung.

Baca juga: Gubernur prihatin demo mahasiswa memakan korban

Mereka menolak saat ditemui oleh pimpinan DPRD Provinsi Jateng karena dianggap tidak memberikan solusi.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abiyoso Seno Aji memimpin langsung pengamanan unjuk rasa dan beberapa kali terlihat bernegosiasi dengan para pengunjuk rasa untuk meredakan suasana yang sempat memanas.

Dalam unjuk rasa tersebut, para mahasiswa menuntut dilakukan peninjauan kembali atas UU KPK hasil revisi ke Mahkamah Konstitusi, dukungan terhadap KPK, dan menolak rencana pengesahan RUU KUHP.

Dalam RUU KUHP dinilai banyak pasal yang dinilai kontroversial, salah satunya yang berkaitan dengan perempuan korban pemerkosaan.

Oleh karena itu, para mahasiswa menuntut untuk dilakukan peninjauan kembali atas UU KPK hasil revisi ke MK dan mendesak Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) KPK.

Baca juga: Sekwan Kalteng pastikan aspirasi PMII terkait KPK diteruskan ke pimpinan