Polres Barito Selatan siapkan 150 personel amankan pilkades serentak

id Polres Barito Selatan siapkan 150 personel amankan pilkades serentak,Pemilihan kepala desa,Barsel

Polres Barito Selatan siapkan 150 personel amankan pilkades serentak

Kapolres Barito Selatan AKBP Wahid Kurniawan saat memimpin apel gelar pasukan pengamanan pilkades serentak, Kamis (26/9/2019). ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Kepolisian Resor Barito Selatan Kalimantan Tengah akan menurunkan 150 personel untuk mengamankan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan dilaksanakan pada 3 Oktober 2019 mendatang.

"Sebanyak 150 personel tersebut akan diturunkan di 128 tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di 62 desa," kata Kapolres Barito Selatan AKBP Wahid Kurniawan usai gelar pasukan pengamanan pilkades serentak, di Buntok, Kamis.

Ia menjelaskan, untuk pengamanan nantinya ditugaskan satu personel akan mengamankan dua hingga lima TPS.

"Jika kerawanannya meningkat, maka kita meminta bantuan dari Polda dan Brimob," kata Wahid Kurniawan.

Untuk itu, di Indonesia masih meminta kepada personel supaya memperkuat soliditas dan sinergitas antara TNI-Polri dengan pemangku kepentingan lain untuk mewujudkan lilkades yang aman, damai, dan lancar.

Anggota Polri diingatkan untuk selalu menjaga netralitas, serta menghindari tindakan yang bisa mencederai netralitas dalam penyelenggaraan setiap tahapan pilkades yang berlangsung di 62 desa di wilayah Barito Selatan itu.

"Lakukan penegakan hukum secara  profesional dan proporsional untuk menjamin stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif," pinta Wahid.

Wahid menilai pilkades serentak tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas di masing-masing desanya.

Berdasarkan pantauan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, peningkatan intensitas politik bisa memunculkan potensi kerawanan dalam masyarakat seperti, pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan serta penyebaran hoax dan ujaran kebencian yang menimbulkan potensi konflik sosial di masyarakat.

"Itu yang menjadi perhatian kami, supaya tidak muncul potensi kerawanan di masyarakat," kata Wahid.

Dalam melaksanakan tugas, lanjut dia, Polri dibantu TNI dan pemangku kepentingan lainnya akan selalu mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen serta penegakan hukum melalui satuan tugas khusus dalam menangani masalah di masyarakat selama gelaran pilkades.

Kepada semua elemen, baik DSPMD sebagai panitia pelaksana tingkat Kabupaten, panitia tingkat desa, calon kepala desa, massa pendukung, tokoh masyarakat dan pengawas pilkades untuk melaksanakan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Polres Barito Selatan akan berkomitmen bekerja keras untuk menjamin penyelenggaraan pilkades serentak supaya bisa berjalan dengan aman, damai dan lancar," demikian Wahid Kurniawan.