Mazda tarik 77.112 mobil, ini alasannya

id Mazda, mobil mazda, mazda rusak, mazda di china

Mazda tarik 77.112 mobil, ini alasannya

ILUSTRASI: Karyawan bekerja di jalur perakitan untuk AutoAlliance Thailand, pabrik patungan Ford dan Mazda, yang terletak di provinsi Rayong, sebelah timur Bangkok. ANTARA/REUTERS/am.

Beijing (ANTARA) - Changan Mazda, perusahaan patungan antara Chongqing Changan Automobile dan Mazda, akan menarik kembali 77.112 unit mobil yang sudah diproduksi dan dipasarkan di China untuk diperbaiki (recall).
 


Lembaga Regulasi Pemasaran China (SAMR) di Beijing, Minggu, menyebutkan penarikan ribuan unit mobil tersebut terkait kerusakan pada alat pemompa bahan bakar.


 


"Recall" yang akan dimulai pada 22 November 2019 itu berlaku terhadap mobil Mazda tipe CX-5 generasi kedua buatan periode 8 Agustus 2017 hingga 2 Juli 2019 di China, demikian laporan Sina Weibo.


 


Baca juga: VW, Porsche tarik kendaraan karena masalah airbag dan sabuk pengaman


 


Menurut SAMR, kerusakan pada bagian pompa bahan bakar tersebut dapat menyebabkan gangguan suplai bahan bakar dari tanki dan sehingga mesin tidak dapat dimatikan.


 


Pihak Changan Mazda menyetujui penggantian komponen yang rusak itu secara cuma-cuma guna mencegah terjadinya kecelakaan kepada pengguna mobil berjenis SUV tersebut.


 


Berdasarkan penelusuran ANTARA di Beijing, Mazda CX-5 terbaru dijual di pasaran China dengan kisaran harga 180.000 yuan (Rp358,7 juta) untuk kelas 2.000 cc dan hingga 240.500 yuan (Rp479,8 juta) untuk 2.500 cc.