Barito Utara usulkan 60 BUMDes untuk pangkalan isi ulang elpiji

id gas eliji 3 kg,bumdes di barito utara,pangkalan isi ulang elpiji

Barito Utara usulkan 60 BUMDes untuk pangkalan isi ulang elpiji

Pekerja melakukan pengisian ulang gas elpiji 3 kg (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar).

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, memberikan rekomendasi serta mengusulkan sebanyak 60 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di daerah ini untuk menjadi pangkalan isi ulang tabung gas elpiji 3 kilogram ke Provinsi Kalimantan Tengah.

Pengusulan 60 BUMDes tersebut menjadi pangkalan isi ulang tabung gas elpiji untuk mempermudah masyarakat desa yang berhak menggunakan isi ulang tabung gas elpiji 3 kg ini, kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara Hajrannor di Muara Teweh, Selasa.

"Melalui BUMDes ini diharapkan penyalurah isi ulang elpiji 3 kg ini benar-benar tepat sasaran ke masyarakat miskin," tambahnya. 

Menurut dia, usulan dari kecamatan yang kita rekomendasi dan diusulkan ke Gubernur Kalteng, saat ini kita masih menunggu dan hasilnya tergantung hasil dari Gubernur dan Pertamina saja lagi.

Terkait masalah pendanaan untuk BUMDes melaksanakan usaha pangkalan isi ulang tabung gas elpiji ini, bisa dengan menggunakan dana desa. 

"Sudah ada petunjuk, bahwa dana desa bisa digunakan untuk itu. Ini juga untuk meminimalisir terjadinya penyelewengan tabung gas elpiji 3 kg yang tidak tepat sasaran," ujarnya.