Petugas pengamanan perbatasan RI-PNG temuka ranjau aktif di sekitar kampung Mosso

id Jayapura,ranjau aktif,Yonif 713/ST,Kampung Mosso,Petugas pengamanan perbatasan RI-PNG temuka ranjau aktif di sekitar kampung Mosso

Petugas pengamanan perbatasan RI-PNG temuka ranjau aktif di sekitar kampung Mosso

Anggota Yonif 713/ST menemukan ranjau darat aktif di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, saat berpatroli Senin (21/10) (ANTARA/HO/Dok.Yonif 713/ST)

Jayapura (ANTARA) - Satuan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG dari Yonif 713/ST menemukan ranjau darat aktif di sekitar Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura yang berbatasan dengan Wutung, Papua Nugini.

Danyon 713/ST Letkol Inf Dony Gredinand di Jayapura, Selasa mengungkapkan, penemuan ranjau itu berawal saat anggota yang bertugas di Pos Muara Tami melakukan patroli dipimpin Letda Inf Megantara Prawira di sekitar Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Senin (21/10).

Pada saat berpatroli itu tiba-tiba didatangi warga Kampung Mosso yang curiga terhadap benda yang ditemukannya sehingga pasukan yang sedang berpatroli menuju lokasi yang dimaksud.

Setibanya di lokasi ditemukan bahan peledak jenis ranjau darat AT yang masih aktif serta sepihan perlengkapan militer seperti helm baja yang sudah rusak berat.

Temuan tersebut kemudian dibawa ke pos Muara Tami dan kemudian diserahkan ke pos kotis untuk selanjutnya diserahkan ke Paldam XVII/Cenderawasih, kata Gredinand seraya menambahkan dari keterangan warga terungkap barang sejenis sering ditemukan masyarakat yang membuka lahan untuk berkebun.

Kemungkinan besar temuan itu adalah peninggalan Hindia Belanda sehingga diharapkan bila ada masyarakat menemukannya segera melaporkannya ke aparat keamanan guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, katanya.

“Masyarakat diminta berhati-hati saat membuka lahan atau kebun baru mengingat tidak tertutup kemungkinan ranjau darat peninggalan PD II masih ada dan aktif,” harap Letkol Inf Gredinand.