Pemuda Kotim deklarasikan jaga NKRI dan sukseskan pilkada

id Pemuda Kotim deklarasikan jaga NKRI dan sukseskan pilkada,KNPI,Sumpah Pemuda,Kotawaringin Timur,Kotim,Sampit

Pemuda Kotim deklarasikan jaga NKRI dan sukseskan pilkada

Ketua KNPI Kotawaringin Timur Endra Rosana memimpin pembacaan deklarasi saat peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman kantor Bupati Kotawaringin Timur, Senin (28/10/2019). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemuda di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah membacakan deklarasi komitmen menjaga keutuhan negara ini serta  menyukseskan pemilu kepala daerah yang akan digelar 23 September 2020 nanti.

"Ini bentuk komitmen kami pemuda Kotawaringin Timur mendukung pemerintah dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta membangun negara dan daerah ini," kata Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kotawaringin Timur Endra Rosana di Sampit, Senin.

Deklarasi itu dibacakan saat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman kantor Bupati Kotawaringin Timur. Pembacaan deklarasi diikuti sejumlah pemuda yang mewakili kalangan pelajar, mahasiswa, suku dan lainnya.

Deklarasi tersebut diantaranya berisi tentang komitmen pemuda siap bersama TNI dan Polri dengan segenap tumpah darah menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pemuda Kotawaringin Timur juga siap bergandeng tangan kepada semua pihak untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Timur, khususnya peningkatan sumber daya manusia pemuda.

Pemuda juga siap berperan aktif untuk menyukseskan perhelatan akbar pemilu kepala daerah 2020 di Kabupaten Kotawaringin Timur. Selain itu, juga siap berperan aktif melakukan kegiatan sosial dalam bentuk pemberdayaan masyarakat.

Dalam hal kondusivitas negara dan daerah ini, pemuda siap berkomitmen untuk tidak membuat kegaduhan dalam masyarakat yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami siap bersinergi bersama pemerintah daerah untuk menjaga kondusivitas daerah dan menyukseskan pilkada. Mari kita bersama membangun Kotawaringin Timur. Kami mengajak seluruh pemuda untuk lebih bersemangat lagi melaksanakan kegiatan-kegiatan positif," kata Endra.

Sementara itu, Kepala Bagian Sumber Daya Polres Kotawaringin Timur Kompol Safrudin yang menjadi inspektur upacara, mengajak seluruh pemuda Kotawaringin Timur untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan. Salah satu ikrar penting dalam Sumpah Pemuda 1928 adalah "satu tanah air, tanah air Indonesia". 

"Bagi kita semua, terlebih bagi pemuda Indonesia, menjaga bumi ini menjadi sebuah kewajiban sebagai suatu bangsa dan juga sebagai seorang makhluk ciptaan Tuhan," kata Safrudin.

Dia berharap pemuda menjadi pelopor dalam menjaga kondusivitas Kabupaten Kotawaringin Timur. Suasana kondusif harus terus dijaga dan ditingkatkan agar masyarakat bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman serta pembangunan daerah dapat berjalan dengan baik.