DKP Kalteng manfaatkan Harkannas dorong masyarakat gemar konsumsi ikan

id kalimantan tengah,kalteng,dkp kalteng,kepala dkp kalteng,darliansyah,asuransi nelayan berkah

DKP Kalteng manfaatkan Harkannas dorong masyarakat gemar konsumsi ikan

DKP Kalteng gelar berbagai kegiatan dalam memperingati Harkannas ke-6 tahun 2019. (ANTARA/HO-DKP Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan kesadaran dan kegemaran masyarakat mengkonsumsi ikan, dengan memanfaatkan berbagai momentum, termasuk Hari Ikan Nasional ke-6 pada tahun 2019.

Kepala DKP Kalteng Darliansyah saat dihubungi di Palangka Raya, Rabu, mengatakan bahwa kesadaran dan kegemaran masyarakat dalam mengkonsumsi ikan akan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di provinsi ini.

"Ikan bukan hanya kaya akan protein dan enak dikonsumsi , tapi juga membuat seseorang semakin sehat, cerdas dan kuat. Itulah kenapa kami terus berupaya mendorong masyarakat agar semakin gemar mengkonsumsi," ucapnya.

Dalam rangka menyambut dan memperingati Harkannas, DKP Kalteng pada tanggal 17 November 2019 menggelar bazar berbagai produk perikanan, makan bakso ikan gratis, lomba menangkap ikan, lomba masak serba ikan tingkat provinsi Kalteng, dan meluncurkan Geoportal LautBerkah.

Darliansyah mengatakan pelaksanaan sejumlah kegiatan yang juga disediakan berbagai doorprize itu rencananya dipusatkan di Jalan Brigjend Katamso, Kota Palangka Raya, dan dapat diikuti seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: DKP Kalteng tindaklanjuti keinginan gubernur lindungi sumber ikan

"Kalau untuk lomba masak serba ikan, pesertanya dari perwakilan TP-PKK Kabupaten/Kota se-Kalteng. Jadi, kami undang masyarakat Kalteng untuk meramaikan acara tersebut," kata dia.

Kepala DKP Kalteng itu mengaku mendapat perintah dari Gubernur Sugianto Sabran agar mengoptimalkan potensi laut, meningkatkan kesejahteraan nelayan dan pembudidaya ikan, memperhatikan ketersediaan ikan, serta mendorong masyarakat di provinsi ini semakin gemar mengkonsumsi ikan.

Dia mengatakan Gubernur Sugianto pada tahun 2020 menginginkan DKP Kalteng merealisasikan program 'asuransi nelayan berkah'. Sebab, program itu bentuk perhatian gubernur dalam menjamin dan memastikan keselamatan nelayan dalam menangkap ikan di laut.

"Jadi, ketika nelayan mengalami kecelakaan dalam melakukan aktivitas menangkap ikan atau sakit, maka akan diberikan santunan melalui program itu. Kami Komitmen merealisasikannya di tahun 2020," kata Darliansyah.

Baca juga: DKP Kalteng bersihkan dan tanam mangrove di Kotawaringin Barat

Baca juga: DKP Kalteng gelar operasi gabungan di perairan laut Kotawaringin Barat