Kepala desa terpilih Barito Selatan dilantik akhir November

id Kepala desa terpilih Barito Selatan akhir November,Buntok,Pilkades,Kepala desa

Kepala desa terpilih Barito Selatan dilantik akhir November

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barito Selatan, Akmad Haitami. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah menjadwalkan pelantikan calon kepala desa hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak dilaksanakan pada akhir November 2019 ini.



 



"Kami saat ini sedang mengusulkan jadwal pelantikan calon kepala desa hasil pilkades serentak yang dilaksanakan pada 3 Oktober 2019 lalu itu kepada bupati," kata Pelaksana Tugas Kepala DSPMD Barito Selatan Akmad Haitami di Buntok, Minggu.



Ia mengatakan, jadwal pelantikan calon kepala desa tersebut diusulkan dengan opsi waktu pelaksanaan yaitu 27 hingga 29 November 2019 mendatang. Pelantikan akan dilaksanakan di masing-masing kecamatan.



"Untuk pelantikan kepala desa terpilih yang berada di Kecamatan Jenamas, Kecamatan Dusun Hilir, dan Kecamatan Karau Kuala akan dilaksanakan pada Rabu tanggal 27 November 2019," jelas Akhmad Haitami.



Selanjutnya pada Kamis (28/11) November 2019, kata dia, akan dilaksanakan pelantikan kepala desa terpilih di Kecamatan Dusun Utara, dan Gunung Bintang Awai.



"Sedangkan pelantikan kepala desa terpilih yang berada di Kecamatan Dusun Selatan dilaksanakan pada Jumat 29 Nopember 2019," tambah Akhmad Haitami.



Ia mengatakan, jadwal itu baru merupakan rencana, jika itu disetujui oleh bupati. Apabila usulan itu tidak disetujui, pihaknya meminta pendapat dan saran bupati untuk kepastiannya.



"Jadwal tersebut disusun dengan melihat kegiatan bupati pada DPRD, sehingga pada tanggal itulah yang diusulkan untuk pelantikan calon kepala desa," ucapnya.



Adapun jumlah calon kepala desa terpilih yang akan dilantik tersebut sebanyak 62 orang, namun belum tentu semuanya dilantik. Pihaknya akan melaksanakan rapat internal, apakah calon kades empat desa yang masih bermasalah akan ikut dilantik atau tidak.



Akhmad Haitami berharap pelaksanaan pelantikan nanti berjalan lancar. Selanjutnya, kepala desa definitif bisa menjalankan tugasnya memimpin pembangunan di desa masing-masing untuk membawa desanya lebih maju dan masyarakatnya semakin sejahtera.