Kobar raih penghargaan Kabupaten sehat dari Kemendagri

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten kotawaringin barat,kobar,kobar raih penghargaan,bupati kobar,Nurhidayah

Kobar raih penghargaan Kabupaten sehat dari Kemendagri

Bupati Kobar Nurhidayah berfoto bersama SOPD terkait usai menerima penghargaan Swasti Saba, belum lama ini. (ANTARA/H-O Prokom Kobar)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Nurhidayah mengakui bahwa pihaknya mendapat penghargaan Swasti Saba atau Kabupaten/Kota Sehat dari Kementerian Dalam Negeri, yang diserahkan di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

"Penghargaan ini bukan hanya untuk Pemerintah Kabupaten Kobar namun untuk seluruh masyarakat Kobar. semoga ke depan kita mampu mempertahankan serta meningkatkan prestasi ini," kata Nurhidayah di Pangkalan Bun, Jumat.

Dia pun mengapresiasi semua tim yang terlibat dan bersinergi bersama pemerintah daerah serta kepada seluruh elemen masyarakat Kobar yang telah mendukung, ini keberhasilan bersama.

"Alhamdulillah, perhargaan ini menjadi Kobar sebagai satu satunya kabupaten di Provinsi Kalteng yang pertama kali meraih penghargaan sebagai kabupaten sehat" ucapnya.

Nurhidayah menuturkan, kabupaten sehat merupakan pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan pemerintah daerah (lintas sektor) dengan masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan fisik dan lingkungan sosial kabupaten/kota.

Untuk tingkat kabupaten lanjut dia, tim dimotori oleh Forum Kabupaten Kobar Sehat yang mensinergikan program-program pembangunan agar berwawasan kesehatan. Sementara di tingkat kecamatan dipandu oleh Forum Kecamatan Sehat, dan di desa oleh Forum Desa Sehat.

Perlu diketahui bahwa penilaian kabupaten sehat lebih berfokus pada adanya proses dan upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat yang terorganisir melalui Forum Kabupaten Kobar Sehat, Forum Kecamatan Sehat dan Forum Desa Sehat serta dukungan sektor terkait.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kobar  yang juga mewakili Tim Kabupaten Kobar Sehat (KKS) Samsudin mengatakan, penghargaan yang diraih Pemkab Kobar ini merupakan hasil kerja keras seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kobar, dalam mewujudkan masyarakat Kobar yang sehat dan mandiri.

Baca juga: Kobar siap tindaklanjuti hasil rakornas bersama presiden

"Keberhasilan ini juga merupakan spirit gerakan membangun Kobar melalui kerja nyata dan ikhlas sebagai upaya bersama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ucap Samsudin.

Samsudin menambahkan, bahwa momentum meraih penghargaan pertama kali di Kalteng ini diharapkan jadi penyemangat yang kuat bagi tiga pelaku utama penyelanggara kabupaten/kota sehat di Kobar. Yakni unsur pimpinan daerah, Forum Kabupaten Kobar Sehat (KKS) dan Tim Pembina SOPD.

"Kita berharap keberhasilan meraih penghargaan ini bisa menjadi semangat dan guiden dalam melaksanakan pembangunan berwawasan kesehatan di Kobar," demikian Samsudin.

Baca juga: Pemkab Kobar batasi jam operasional angkutan barang

Baca juga: Dua setengah tahun pimpin Kobar, ini pencapaian pasangan NURANI