Terpilih jadi Ketua KNPI Kapuas, ini janji Irfan

id Terpilih jadi Ketua KNPI Kapuas, ini janji Irfan,KNPI,Kapuas,Wakil bupati,Nafiah Ibnor

Terpilih jadi Ketua KNPI Kapuas, ini janji Irfan

Ketua DPD KNPI Kapuas periode 2019-2022 Irfan (kanan baju putih panjang) bersama H Noor Salim serta panitia Musda XIV DPD KNPI Kapuas berfoto bersama, Kamis (21/11) malam. ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Setelah melalui proses yang cukup alot dalam Musyawarah Daerah (Musda) XIV, akhirnya Irfan terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah periode 2019-2022.

"Saya akan mencoba memperluas potensi kepemudaan ke tingkat kecamatan agar pengembangan potensi pemuda bisa berjalan baik sesuai harapan bersama," ucap Irfan, Kamis malam.

Pemilihan dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Kapuas. Pada pelaksanaannya, pemilihan dilakukan dua putaran karena sempat menghasilkan suara imbang dengan calon lainnya yakni, H Noor Salim.

Irfan mengucapkan terima kasih kepada pengurus DPD KNPI, Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) yang ikut menyukseskan acara tersebut. Terlebih, dirinya diberi kepercayaan besar untuk menakhodai KNPI.

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Kapuas ini, berjanji akan merangkul semua dan berharap jalannya roda organisasi ke depan mampu memberikan dampak positif khususnya bagi pemuda di Kabupaten Kapuas.

"Sebagaimana visi saya, tentunya ke depan saya akan bersinergi dan berkolaborasi dengan siapapun, baik itu pemerintah daerah, swasta dan sebagainya," katanya.

Sebelumnya, telah digelar Rapat Pimpinan Daerah KNPI Kapuas. Musda XVI KNPI Kapuas saat itu dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor

Acara dihadiri Ketua DPD KNPI Provinsi Kalimantan Tengah, Rahmad Handoko beserta jajaran, Ketua Majelis Pemuda Indonesia KNPI Kabupaten Kapuas Dr H Junaidi dan Ketua DPD KNPI Kabupaten Kapuas periode sebelumnya, H Bob Dwi Cipta Mahaputera.

Wakil Bupati Kapuas H Muhammad Nafiah Ibnor dalam sambutannya mengatakan, musyawarah daerah merupakan agenda tertinggi dalam sebuah organisasi.

Oleh karena itu, dengan diadakannya Musda XIV KNPI Kabupaten Kapuas menjadi momentum yang sangat tepat dalam upaya menggairahkan dan menghidupkan serta membawa organisasi kearah perubahan yang lebih baik.

Terkait program kerja, orang nomor dua di Kabupaten Kapuas ini berharap agar adanya kesungguhan dan keaktifan peserta musyawarah dalam membahas program kerja.

Demi lahirnya program-program yang mampu memotivasi pemberdayaan anggota dalam kehidupan masyarakat di berbagai bidang baik agama, ekonomi, pendidikan, politik dan lainnya.

"KNPI harus lebih meningkatkan kemampuan untuk membangun komunikasi efektif dengan masyarakat maupun pemerintah daerah sehingga semua program yang dijalankan organisasi ini dapat disinergikan dengan kebijakan pemerintah," kata Nafiah Ibnor.

Sinergi itu akan membawa semakin kompak dalam membangun daerah ke arah yang diinginkan.

"Oleh karena itu kami berharap program kerja yang disusun nantinya serta kelengkapan struktur organisasi kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Kapuas juga harus kuat, mantap serta mempunyai perencanaan yang matang," pintanya.

Nafiah Ibnor berharap kepada Ketua DPD KNPI yang baru nantinya dapat menjadi motor penggerak bagi organisasi kepemudaan lainnya untuk sama-sama berperan aktif.

"Sehingga menjadi salah satu kekuatan bagi pembangunan dalam rangka meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat khususnya pemuda," tuturnya.

Ketua DPD KNPI Provinsi Kalimantan Tengah Rahmad Handoko mengungkapkan, KNPI tingkat pusat, provinsi maupun daerah memiliki peran yang sama, yaitu menaungi organisasi kepemudaan dan mengatur mekanisme bagaimana aktivitas organisasi kepemudaan dibawah naungan KNPI berjalan dengan baik. 

"Selain itu, KNPI juga sebagai pendorong dan pengawas dalam upaya peningkatan pembangunan daerah," demikian Rahmad Handoko.