Tingkatkan investasi, Palangka Raya sasar kerja sama luar negeri

id palangka raya,fairid naparin,aratuni d djaban,Muskorwil Apeksi 2019,Pemerintah Kota Palangka Raya

Tingkatkan investasi, Palangka Raya sasar kerja sama luar negeri

Wali Kota Palangka Raya (empat kanan) saat mengikuti Muskomwil V Apeksi Regional Kalimantan Ke-9 di Kota Banjarmasin (HO/Humas Pemkot Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, dalam acara Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) V (lima) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-9 mengusulkan peningkatan program kerja yang menyasar kerja sama dalam dan luar negeri guna meningkatkan investasi.

"Salah satu program usulan dalam Muskorwil V Apeksi Regional tersebut ialah program pembangunan kerjasama daerah dengan lembaga dalam dan luar negeri untuk menarik investasi dan membangun infrastruktur sesuai dengan skala prioritas," kata Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Aratuni D Djaban saat dikonfirmasi, dari Palangka Raya, Rabu.

Dia mengatakan, pada Muskomwil V Apeksi Regional Kalimantan Ke-9 di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, pihaknya juga mengusulkan empat program kerja lain.

Baca juga: Diskominfo: Masyarakat harus bijak dalam bermedia sosial

"Program kerja itu berupa penguatan pemerintah daerah dalam ketahanan bencana alam di Kalimantan, penguatan pemerintah kota di wilayah Kalimantan dalam kebijakan penyusunan satu peta nasional atau one map policy," kata Aratuni.

Kemudian juga program percepatan pembangunan kawasan kumuh di wilayah Kalimantan dan program pengembangan pariwisata 4.0 dengan membangun ekosistem digital mulai dari inspirasi, kedatangan, tujuan hingga post digital yang mencerminkan era pariwisata 4.0.

Untuk itu, ujar dia, pihaknya akan memanfaatkan Muskorwil tersebut dengan maksimal karena acara itu menjadi momen strategis untuk menyampaikan gagasan dan ide dalam rangka memperkenalkan potensi daerah.

Baca juga: Harga ayam potong Palangka Raya tembus Rp44.000 per kilogram

Menurut dia, hal tersebut juga sesuai dengan tema kegiatan yaitu terkait dengan dampak pemindahan ibu kota negara terhadap kota-kota di Kalimantan dari segi infrastruktur, sosial dan lingkungan.

Apeksi yang digelar selama jangka waktu tiga hari yaitu pada periode 25-27 November itu sendiri dimeriahkan dengan gowes bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota dan penanaman pohon.

Pemerintah Kota Palangka Raya pun berharap berbagai program kerja yang diusulkan dan di bahas dalam Apeksi itu berdampak pada percepatan pembangunan di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini.


Baca juga: DPRD Palangka Raya akui anggaran tiga sektor ini ditingkatkan