Pemkab Kobar targetkan tahun 2020 Sakipharus mendapat nilai A

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten kotawaringin barat,kobar,Nurhidayah,bupati kobar

Pemkab Kobar targetkan tahun 2020 Sakipharus mendapat nilai A

Bupati Kobar Nurhidayah bersama Wakil Bupati Ahmadi Riansyah. (Foto Antara Kalteng/Hendri Gunawan).

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, terus berupaya membenahi dan meningkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), agar target mendapatkan nilai A pada tahun 2020 dapat terpenuhi.

Bupati Kobar Nurhidayah di Pangkalan Bun, kemarin, mengatakan bahwa saat ini capaian Sakip di wilayah yang dipimpinnya berada di BB, sehingga perlu dilakukan berbagai upaya agar target nilai A bisa terrealisasi dan penghargaan dari pemerintah pusat.

"Demi terpenuhinya target itu, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah harus melaksanakan rencana pembangunan sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, yakni pertumbuhan ekonomi 2019 ditarget sebesar 7,53 persen" tambahnya.

Baca juga: ASN Kobar diingatkan pegang teguh janji dan integritas

Dikatakan, ada beberapa sasaran yang hingga memasuki akhir tahun 2019 belum memenuhi target, diantaranya sektor perdagangan dengan target 7,50 persen dan baru terealisasi 7,37 persen, sektor pertanian dan kehutanan target 10 persen baru terealisasi 7,43 persen.

"Sektor pariwisata yang dijadikan unggulan juga belum mampu berbuat banyak dalam mendongkrak perekonomian masyarakat, kita butuh pengembangan ekonomi kreatif dari masyarakat untuk mendukung program pariwisata" ucapnya.

Nurhidayah menjelaskan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) targetkan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2018 sebesar 7,48 persen namun hanya terealisasi sebesar 6,46 persen.

Baca juga: Kotawaringin Barat siap jadi tuan rumah PEDA KTNA XIII tingkat provinsi

Kemudian penopang pertumbuhan ekonomi sektor pengolahan dalam sasaran RPJMD terealisasi 6,81 persen melebihi dari target yang ada yaitu sebesar 5,80 persen.

Sebelumnya, Pemkab Kobar melalui Inspektorat Kobar telah melakukan pendampingan terhadap 37 SOPD setempat dengan diawali kegiatan rapat koordinasi pendampingan evaluasi SAKIP tahun 2019 yang digelar di aula Inspektorat belum lama ini, demi tercapainya target tersebut.

Kemudian, kegiatan pendampingan evaluasi SAKIP diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama kepala SOPD untuk melaksanakan evaluasi dan implementasi SAKIP di masing-masing SOPD.

Baca juga: Nurhidayah terima penghargaan Bupati Entrepreneur Award 2019