Edy Purwanto dilantik menjadi Sekretaris Daerah Barito Selatan

id Edy Purwanto dilantik menjadi Sekretaris Daerah Barito Selatan,Bupati Barsel,Eddy Raya Samsuri

Edy Purwanto dilantik menjadi Sekretaris Daerah Barito Selatan

Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri saat melantik pejabat eselon di lingkup pemerintah kabupaten setempat di Buntok, Senin (30/12/2019). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Bupati Barito Selatan Kalimantan Tengah Eddy Raya Samsuri melantik Edy Purwanto menjadi Sekretaris Daerah definitif kabupaten setempat menggantikan Syahrani selaku Pelaksana Tugas yang sudah memasuki masa pensiun.

"Mutasi dalam suatu organisasi merupakan hal yang lumrah untuk memberikan suasana baru yang menunjang dan menumbuhkan semangat para pejabat. Hal tersebut demi menunjang  pekerjaan agar lebih baik dan lebih optimal lagi kedepannya," kata Eddy Raya Samsuri di Buntok, Senin.

Eddy mengatakan, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus siap ditempatkan di manapun. Mereka yang dilantik ini dianggap mampu dan berkompeten untuk mengemban amanah pada jabatan yang baru.

"Apabila di kemudian hari kinerja mereka yang dilantik ini tidak sesuai dengan harapan, maka tidak sulit bagi saya untuk menempatkan PNS lain di jabatan tersebut," kata dia.

Dia berharap momentum pelantikan ini sebagai titik awal memberikan pengabdian dan kinerja terbaik dengan jabatan yang telah dipercayakan atau diemban tersebut demi kemajuan Barito Selatan.

Selain melantik Edy Purwanto, Bupati Barito Selatan juga melantik 203 pejabat eselon pada lingkup pemerintah kabupaten setempat.


Pejabat eselon II/b yang dilantik bupati yakni Sintanu dikukuhkan sebagai staf ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Sekretariat Daerah (Setda) Barito Selatan, Agus Taruna sebagai staf ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM, Eka Surya Thano sebagai staf ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah.

Dekma yang sebelumnya menjabat Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, kini menduduki jabatan barunya sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan, sedangkan Aslianson yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, kini menduduki jabatan barunya sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah.

Ganda Daya Bina dari jabatan Kepala Inspektorat menduduki jabatan barunya sebagai Inspektur Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran.

Sementara Liharfin SK yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, dipercaya menduduki jabatan baru sebagai kepala Inspektur pada Inspektorat.

Sebagai kepala Bappeda yakni Jumadi yang sebelumnya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, dan    Fajar sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah.

Edi Suharto yang sebelumnya Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran menduduki jabatan barunya sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dijabat Akhmad Akmal Husein yang sebelumnya Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah.


Rudi Gawis yang sebelumnya Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan menduduki jabatan barunya Pelaksana pada Sekretariat Daerah.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Sementara diisi oleh Plt yakni Ida Safitri dan Sekretaris DPRD Sementara diisi oleh Pelaksana Tugas Pudji Ika Lestari.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sementara tetap dijabat oleh Pelaksana Tugas Ita Minarni, begitu juga dengan kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk sementara dijabat Akhmad Haitami sebagai Plt, dan kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Sementara dijabat Daud Danda sebagai pelaksana tugas.

Sementara untuk pejabat Administrator eselon III/a ada  10 orang yakni Yoga Prasetianto Utomo, dikukuhkan sebagai Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah.

Rahmat Nuryadin sebagai Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah, Ertha sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Mirwansyah sebagai Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah, Syahdiannur Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah, dan Muhamad Irwan tetap menduduki jabatannya sebagai Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah, dan Ripaltha, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Sedangkan Armada yang sebelumnya Kepala Bagian Keuangan dan Aset Sekretariat Daerah menduduki jabatan barunya sebagai Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan. Ben Yuhadi naik jabatannya dari Iinspektur Pembantu II Inspektorat menjadi Sekretaris Inspektorat, dan Ciplo Agan yang sebelumnya Sekretaris Inspektorat Inspektur menjadi Pembantu II Inspektorat I.