Personel Brimob disiagakan di Pantai Ujung Pandaran amankan libur tahun baru

id Personel Brimob disiagakan di Pantai Ujung Pandaran amankan libur tahun baru,Ujung Pandaran,Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit

Personel Brimob disiagakan di Pantai Ujung Pandaran amankan libur tahun baru

Personel SAR Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalteng melaksanakan patroli air di objek wisata Pantai Ujung Pandaran, Senin (30/12/2019). ANTARA/HO-Satbrimob Polda Kalteng

Sampit (ANTARA) - Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Kalimantan Tengah turut menerjunkan personel mereka untuk mengamankan objek wisata Pantai Ujung Pandaran yang diperkirakan akan dipadati ribuan warga yang berwisata memanfaatkan libur pergantian tahun.

"Ini sebagai upaya kami dalam melayani masyarakat. Tujuannya untuk melindungi serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, terlebih yang ingin berlibur menikmati libur tahun baru ini," kata Komandan Batalyon B Pelopor Kompol Anang Abdalah melalui Danki 1 Batalyon Iptu I Made Kembar Mertadana di Sampit, Senin.

Untuk memastikan kesiapan, telah dilaksanakan apel pagi Siaga SAR personel Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalimantan Tengah dalam rangka liburan akhir tahun 2019 dan menyongsong tahun baru 2020. Apel dilaksanakan di objek wisata Pantai Ujung Pandaran.

Selain menerjunkan belasan personel, mereka juga dibekali armada yaitu satu unit kendaraan truk SAR, satu unit perahu karet serta peralatan SAR lainya. Pelaksanaan di lapangan dilakukan bersama personel dari Direktorat Polairud Polda Kalimantan Tengah.

Pantai Ujung Pandaran dipilih menjadi tempat apel Siaga SAR karena objek wisata ini biasanya menjadi tempat favorit masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur dan wisatawan luar daerah untuk mengisi libur tahun baru.

Tingginya konsentrasi massa di pantai itu perlu pengamanan yang ekstra pula untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan air maupun tindak kejahatan. 
Baca juga: Beras seharga Rp6,5 juta ternyata berisi sabu-sabu

Pantai Ujung Pandaran yang terletak di Kecamatan Teluk Sampit berjarak sekitar 85 kilometer dari Sampit Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Timur, merupakan objek wisata alam yang semakin diminati masyarakat.

Wisatawan yang datang ke pantai ini tidak hanya dari Kotawaringin Timur sendiri, tetapi juga dari luar daerah seperti Seruyan, Kotawaringin Barat, Katingan, bahkan Palangka Raya. Fasilitas yang cukup memadai membuat wisatawan merasa nyaman untuk berlibur di pantai yang menghadap laut Jawa tersebut.

Saat libur nasional seperti pergantian tahun saat ini, Pantai Ujung Pandaran biasanya dipadati pengunjung. Untuk itulah tim gabungan dari Polres Kotawaringin Timur, Direktorat Polairud Polda Kalimantan Tengah, Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Kalimantan Tengah, Basarnas dan lainnya bersiaga untuk mengamankan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain di Pantai Ujung Pandaran, personel Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Kalimantan Tengah juga diterjunkan membantu pengamanan di perairan Sungai Mentaya di kawasan Kota Sampit, bergabung dengan personel dari instansi lainnya.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Tim SAR Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalteng dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya korban tenggelam di lokasi Susur Sungai Dermaga Pelabuhan Mentaya dan untuk menciptakan rasa aman setiap wisatawan yang berkunjung," demikian I Made Kembar Mertadana.

Baca juga: Seorang bocah di Kotim dicabuli dua pria beristri

Baca juga: DPRD Kotim minta pemkab tegas sikapi dugaan kebun sawit ilegal