Kepala desa di Barito Timur diminta membuat program sadar kerukunan

id Kepala desa di Barito Timur diminta membuat program sadar kerukunan,Bartim,Agama

Kepala desa di Barito Timur diminta membuat program sadar kerukunan

Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh Al Qadry (tengah) dan Kapolres AKBP Zulham Effendy memeriahkan jalan sehat kerukunan antarumat beragama di Tamiang Layang, Sabtu (11/1/2020). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur Kalimantan Tengah Habib Said Abdul Saleh Al Qadry meminta seluruh kepala desa dan lurah membuat program sadar kerukunan antar umat beragama agar kerukunan di wilayah desa maupun kelurahan masing-masing terjaga.

"Tujuannya agar kepala desa dan lurah menunjang program pemerintah dalam pembangunan nasional di bidang keagamaan, antara lain meningkatkan kualitas pelayanan dan pemahaman agama dan kehidupan beragama serta peningkatan kerukunan antar umat beragama," kata Habib Saleh di Tamiang Layang, Minggu.

Menurutnya, kondisi kependudukan di Barito Timur yang heterogen sudah ada sejak lama. Kerukunan dan kedamaian pun ikut terjaga karena saling tenggang rasa dan saling menghormati.

Komunikasi antarumat beragama terjalin harmonis. Pemerintah desa diharapkan bisa mendorong semua tokoh-tokoh agama, masyarakat, pemuda, instansi terkait lainnya untuk tetap menjaga sinergitas dalam menjaga dan merawat kerukunan yang sudah terjalin baik selama ini.

"Selain itu bisa menjaga sinergitas pelaksanaan program pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di desa dengan program kerja pemerintah Kabupaten Barito Timur," kata Habib Saleh.

Tidak kalah penting juga memberikan pemahaman terkait kesadaran tentang kerukunan hidup bagi generasi muda, baik yang duduk di tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Langkah ini sebagai upaya menciptakan generasi muda yang sadar akan pentingnya kerukunan antar mat beragama, serta menjadikan generasi muda yang bisa bertoleransi kepada sesama manusia.

Dijelaskan Habib Saleh, Pemerintah Kabupaten Barito Timur telah melaksanakan itu secara berkelanjutan dengan melaksanakan pembinaan-pembinaan terhadap umat beragama baik Islam, Kristen, Hindu maupun Budha. Pembinaan terhadap umat beragama akan terus dilaksanakan secara berkeadilan.

Habib Saleh optimistis, jika kepala desa menerapkan program sadar kerukunan antar umat beragama dan mengedepankan komunikasi maka Barito Timur akan selalu aman, damai dan sejahtera.

"Sebagai kepala desa memang memiliki tugas yang berat.  Namun, tugas-tugas itu merupakan tanggungjawab yang wajib dilaksanakan sebagai pelaksanaan pemerintahan dalam bidang pelayanan, pembinaan, pemberdayaan dan pembangunan," demikian Habib Saleh.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar