Karet dan kelapa sawit jadi tumpuan masyarakat Seruyan

id Karet dan kelapa sawit jadi tumpuan masyarakat Seruyan,DPRD seruyan,Sawit

Karet dan kelapa sawit jadi tumpuan masyarakat Seruyan

Anggota DPRD Seruyan Hadinur di Kuala Pembuang. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Hasil produksi tanaman karet dan kelapa sawit masih menjadi salah satu tumpuan mata pencaharian bagi masyarakat Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah, khususnya di daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya, dan Danau Seluluk.

“Itu berdasarkan survei lapangan atau kunjungan kerja (reses) yang telah dilaksanakan oleh anggota DPRD Seruyan Dapil II di wilayah setempat beberapa waktu lalu,” kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Hadinur di Kuala Pembuang, Kamis.

Hadinur mengatakan, kehidupan ekonomi masyarakat masih bergantung pada hasil produksi maupun kestabilan harga karet dan kelapa sawit. Jika harga terus membaik maka akan berpengaruh pada tingkat kesejahteraan masyarakat setempat.

Menurutnya, kelapa sawit merupakan salah satu tumpuan utama dalam sumber pendapatan masyarakat yang ada di dapil II. Begitu pula dengan tanaman karet juga masih menjadi andalan sehingga komoditas ini sangat berkaitan erat dengan roda perekonomian masyarakat sekitar.

Lebih lanjut Hadinur mengharapkan andil dari pemerintah kabupaten setempat melalui instansi terkait agar bisa terus memperhatikan. Pemerintah kabupaten diharapkan memberikan bantuan bibit kelapa sawit maupun karet kepada para masyarakat yang ada di daerah tersebut.

“Karena berdasarkan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat, mereka sedikit kesulitan dalam mendapatkan bibit kelapa sawit maupun karet yang lebih bagus atau unggul sehingga akan berpengaruh pada penghasilan yang mereka dapat,” ungkapnya.

Selain itu, pemerintah kabupaten juga diharapkan memperhatikan kondisi fluktuasi harga tandan buah segar kelapa sawit milik petani yang ada di Kabupaten Seruyan agar perusahaan yang membeli dari petani tidak menetapkan harga seenaknya.

“Dengan begitu para petani kelapa sawit dan juga karet akan bisa meningkatkan hasil panen, sehingga berdampak memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten Seruyan,” demikian Hadinur.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar