Barito Utara buat Posko Induk Kabupaten cegah COVID-19

id bupati barut nadalsyah,gugus tugas barito utara,posko induk kabupaten

Barito Utara buat Posko Induk Kabupaten cegah COVID-19

Bupati Barito Utara H Nadalsyah memimpin rapat evaluasi pelaksanaan Gugus Tugas COVID-19 kabupaten setempat di rumah jabatan bupati di Muara Teweh, Jumat (3/4/2020).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah sepakat membentuk posko induk kabupaten atau posko bersama untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

"Posko bersama  ini nantinya berada di samping kantor bupati atau di halaman Tiara Batara Muara Teweh dimana anggota posko nantinya merupakan gabungan anggota TNI/Polri serta perangkat daerah," kata Bupati Barito Utara H Nadalsyah usai rapat evaluasi pelaksanaan Gugus Tugas COVID-19 kabupaten setempat di rumah jabatan bupati di Muara Teweh, Jumat.

Pada pertemuan itu juga dihadiri Ketua DPRD Hj Mery Rukaini,Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda H Jainal Abidin, Kapolres AKBP Dodo Hendro Kusuma, Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Inf Yusan  Riawan dan sejumlah kepada perangkat daerah setempat.

Nadalsyah memberikan apresiasi kepada  semua anggota Tim Gugus Tugas yang telah berkerja sebagai garda terdepan untuk antisipasi, pencegahan dan penanganan  COVD-19. 

"Saya juga berterima kasih atas kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan imbauan pemerintah," katanya. 
 
Bupati Barito Utara H Nadalsyah memimpin rapat evaluasi pelaksanaan Gugus Tugas COVID-19 kabupaten setempat di rumah jabatan bupati di Muara Teweh, Jumat (3/4/2020).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Menurut dia, penanganan COVID-19 ini adalah tugas kita bersama, baik dari pemerintah maupun masyarakat.

Disamping itu posko gugus tugas di Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang merupakan posko yang  sangat efektif  karena di wilayah  ini merupakan pintu masuk dari wilayah  Kalteng dan Kalimantan Selatan, selain juga posko di pelabuhan, bandara, Benangin dan Lemo.

"Posko-posko ini tetap kita maksimalkan agar masyarakat yang masuk daerah ini dapat diketahui," kata dia.

Pada pertemuan itu Ketua DPRD  Hj Mery Rukaini juga  memberikan apresiasi kepada Pemkab Barito Utara yang membebaskan pembayaran iuran  PDAM kepada masyarakat yang kurang mampu.

Sedangkan Dandim 1013 Muara Teweh Letkol  Inf Yusan  Riawan memberikan masukan agar pemerintah daerah  menjaga ketersediaan stok pangan dan ketersediaan peralatan kesehatan seperti obat-obatan baik di Pustu, Pukesmas, maupun Rumah Sakit Muara Teweh. 

Bupati memerintahkan kepada leading sektor terkait yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan  Dinas Pertanian, Dinas Koperasi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta seluruh  perangkat daerah agar bisa melakukan pemantauan dan pengendalian di lapangan.