PMI distribusikan APD untuk penanganan COVID-19

id pmi kalteng, pmi palangka raya, apd, covid-19

PMI distribusikan APD untuk penanganan COVID-19

Serah terima bantuan alat penyemprot dan alat pelindung diri dari PMI Provinsi Kalimantan Tengah untuk PMI Kota Palangka Raya. ANTARA/HO

Kami juga berharap PMI kabupaten/kota dapat memaksimalkan alat penyemprotan dan APD yang diberikan PMI Pusat untuk Petugas PMI di lapangan yang melakukan Respon pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)
Palangka Raya (ANTARA) - Palang Merah Indonesia  Provinsi Kalimantan Tengah mendistribusikan alat pelindung diri (APD) dan alat penyemprot yang digunakan petugas dalam penanganan COVID-19.

"PMI Provinsi Kalteng menerima bantuan alat penyemprotan dan APD bantuan dari PMI Pusat. Seluruh peralatan tersebut akan segera di distribusikan ke PMI kabupaten/kota se Kalteng," kata Sekretaris PMI Provinsi Kalteng, Siti Nafsiah di Palangka Raya, Sabtu.

Dia menerangkan, perlengkapan yang akan segera didistribusikan ke PMI di 13 kabupaten dan satu kota di Kalteng tersebut meliputi alat penyemprotan dan alat pelindung diri berupa sarung tangan, kacamata pelindung, sepatu boot dan masker.

Dengan adanya dukungan alat penyemprot dan APD itu, pihaknya berharap jajaran PMI di tingkat kabupaten/kota di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" itu bertambah semangat dalam mengemban misi kemanusiaan penanganan COVID-19.

Melalui tambahan APD tersebut dia juga berharap para petugas atau relawan PMI di lapangan semakin merasa aman dan terlindungi dari ancaman paparan virus dari China itu. Sehingga para relawan semakin maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami juga berharap PMI kabupaten/kota dapat memaksimalkan alat penyemprotan dan APD yang diberikan PMI Pusat untuk Petugas PMI di lapangan yang melakukan Respon pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)," katanya.

Selain memberikan pelayanan penyemprotan desinfektan, Nafsiah juga berpesan agar jajaran anggota dan relawan PMI di Kalimantan Tengah terus menyosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya dan ancaman serta cara mencegah penyebaran Virus Corona.

"Selalu sampaikan bahwa upaya paling efektif mencegah penyebaran COVID-19 itu dengan selalu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat serta terus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ditambah rajin mencuci tangan," katanya.

Di sisi lain, terkait adanya bantuan alat penyemprot dan APD, secara simbolis PMI Kalteng telah menyerahkan bantuan tersebut kepada pengurus PMI Kota Palangka Raya.

Penyerahan peralatan itu di berikan Siti Nafsiah di dampingi Alif Abdullah dan Ibu Indah Indriyati selaku Kepala Markas PMI Kalteng dan diterima oleh Wakil Ketua PMI Kota Palangka Raya Bidang PB, Hasan Busyairi di markas PMI Kalteng.

Baca juga: Begini penjelasan penularan COVID-19 dari individu tanpa gejala

Baca juga: Cegah corona, relawan PMI Palangka Raya semprot disinfektan di sejumlah kantor