Kondisi pasien positif COVID-19 asal Bartim membaik

id Kondisi pasien positif COVID-19 asal Bartim membaik,Virus Corona, COVID-19

Kondisi pasien positif COVID-19 asal Bartim membaik

Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 sekligus Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bartim Simon Biring. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang   (ANTARA) - Sekretaris Gugus Tugas Corona Virus Desiase atau COVID-19 Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Simon Biring mengatakan, kondisi pasien positif COVID-19 asal Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah, semakin membaik.

“Saat ini masih menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya dan kondisinya semakin membaik setelah menjalani perawatan disana,” kata Simon di Tamiang Layang, Kamis.

Menurutnya, pasien positif dimaksud yakni seorang pria berinisial D dengan usia 55 tahun, salah satu jamaah ijtima ulama Asia Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Pasien tersebut dirujuk dan masuk RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya pada 1 April 2020.

 Hasil pemeriksaan swab pada 4 April menunjukkan pasien tersebut terkonfirmasi positif COVID-19. Hingga saat ini, D sudah menjalani perawatan kurang lebih selama 14 hari di RSUD dr Doris Sylvanus.

“Sesuai protokol penanganan pasien positif COVID-19, maka tim dokter pada RSUD Doris Sylvanus akan kembali melakukan tes swab untuk memastikan apakah pasien tersebut masih positif atau sudah negatif COVID-19,” kata Simon.

Menurut Simon, jika hasil swabnya masih positif COVID-19 maka perawatan lanjutan akan dilakukan kepada D hingga benar-benar sembuh. Jika hasil swabnya sudah negatif maka bisa dinyatakan sudah sembuh dan akan dikembalikan ke Kabupaten Bartim.

Kepala Dinas Kesehatan Bartim itu menambahkan, salah seorang perempuan asal Desa Bambulung Kecamatan Pematang Karau telah dirujuk ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. 

Berdasarkan data Tim Percepatan Penanganan Gugus Tugas COVID-19 Bartim, diketahui ada 21 Orang Dalam Pemantauan (ODP), satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan satu orang positif COVID-19.

Data sebaran ODP, PDP dan positif COVID-19 di Kabupaten Bartim menyebutkan, satu ODP terdapat di Desa Unsum Kecamatan Raren Batuah, satu orang positif dan 15 ODP terdapat di Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah, dua ODP terdapat di Desa Pangkan Kecamatan Paku, dua ODP terdapat di Desa Taniran dan Desa Banyu Landas, satu ODP terdapat di Tuyau dan satu PDP ada di Desa Bambulung Kecamatan Pematang Karau.

Sedangkan kecamatan yang belum terdampak yakni Kecamatan Dusun Timur, Kecamatan Awang, Kecamatan Petangkep Tutui, Kecamatan Paju Epat dan Kecamatan Karusen Janang.

“Masyarakat Bartim diharapkan selalu memakai masker jika keluar rumah, terutama di Kelurahan Ampah Kota yang menjadi zona merah. Permasalahan penyebaran COVID-19 bisa dihentikan dengan syarat masyarakat tertib dan taat melaksanakan protokol kesehatan, pembatasan sosial dan pembatasan interaksi fisik,” demikian Simon Biring.

Baca juga: Kejari Bartim lelang barang rampasan negara

Baca juga: Hasil panen padi Bartim dilaporkan ke Kementan RI