Satu lagi pasien positif COVID-19 sembuh di Kobar

id Satu lagi pasien positif COVID-19 sembuh di Kobar,Virus Corona, COVID-19

Satu lagi pasien positif COVID-19 sembuh di Kobar

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kotawaringin Barat Achmad Rois didampingi Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Fachrudin melakukan konferensi pers terkait perkembangan kasus COVID-19 diwilayahnya, Minggu (26/4/2020). ANTARA/Istimewa

Pangkalan Bun (ANTARA) - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah Achmad Rois menyebutkan, kembali ada tambahan satu pasien positif COVID-19 yang berhasil sembuh namun juga ada tambahan satu pasien COVID-19 positif baru.

Setelah kemarin ada satu pasien positif yang dinyatakan sembuh, hari ini kembali ada tambahan satu pasien sembuh, namun sayang di saat bersamaan kembali ada satu orang tanpa gejala (OTG) yang hasil pemeriksaan swabnya dinyatakan positif COVID-19, kata Achmad Rois di Pangkalan Bun, Minggu.

"Pasien yang dinyatakan sembuh tersebut adalah pasien 03 asal Desa Purbasari, kemudian pasien COVID-19 positif baru tersebut berasal dari Desa Rungun yang merupakan kluster Gowa dan merupakan satu dari sembilan OTG yang diisolasi di rumah sakit darurat COVID-19 eks Klinik Kusuma," jelasnya.

Achmad Rois menyebutkan, delapan OTG lainnya yang diisolasi di Klinik Kusuma berdasarkan hasil pemeriksaan dua swab terakhirnya dinyatakan negatif.

Menyusul tambahan kesembuhan dan tambahan pasien positif baru tersebut, kini pasien positif COVID-19 yang ada di Kotawaringin Barat tetap berjumlah 13 orang, dengan sebaran di Desa Lada Mandala Jaya empat orang, Desa Purbasari dua orang, Desa Pandu Senjaya satu orang, Kelurahan Baru dua orang, Desa Umpang satu orang, Kelurahan Mendawai satu orang, Desa Karangsari satu orang dan Desa Rungun satu orang.

Kemudian, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 25 orang dan ada lima orang pasien dalam pengawasan (PDP) yang dinyatakan selesai pengawasan, menyusul hasil negatif dari dua kali pemeriksaan yang dilakukan, sehingga saat ini PDP yang ada saat ini berjumlah dua orang, berasal dari dua desa di Kecamatan Pangkalan Lada.

Terpisah, Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Fachrudin menyebutkan pasien 03 tersebut dinyatakan positif berdasarkan hasil swab pada tanggal 6 April, kemudian dilakukan evaluasi untuk memastikan kesembuhannya pada tanggal 15 April dilakukan kembali uji swab yang kemudian pada tanggal 22 April hasil uji laboratoriumnya keluar dan dinyatakan negatif.

Kemudian dilanjutkan lagi uji swab selanjutnya dan pada tanggal 24 April kembali didapatkan hasil dengan keterangan negatif, sehinga berdasarkan hasil dua swab terakhir tersebut maka pasien 03 dinyatakan telah sembuh dari virus COVID-19.

Fachrudin menambahkan, saat ini RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun tengah merawat 14 pasien positif COVID-19, dengan rincian 13 pasien merupakan warga Kotawaringin Barat, sementara satu pasien lainnya merupakan rujukan dari Kabupaten Lamandau.

Baca juga: Satu pasien positif COVID-19 di Kobar sembuh

Baca juga: Pemkab Kobar bagikan bantuan sembako optimalkan pemberlakuan 'social distancing'

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar