Desa di Lamandau mulai salurkan BLT-DD

id Desa di Lamandau ini mulai salurkan BLT-DD, pemkab Lamandau, virus Corona, COVID-19

Desa di Lamandau mulai salurkan BLT-DD

Bupati Lamandau Hendra Lesmana menyerahkan BLT-DD secara simnolis kepada salah satu warga Desa Arga Mulya, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau di aula Desa Arga Mulya, Senin (4/5/2020) ANTARA/Humas Pemkab Lamandau

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Desa Arga Mulya Kecamatan Bulik,l Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai melalui anggaran Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Penyaluran BLT-DD tersebut secara simbolis diserahkan oleh Bupati Lamandau Hendra Lesmana kepada salah satu warga Desa Arga Mulya sekaligus menandai dimulainya penyaluran BLT-DD di desa tersebut, di aula Desa Arga Mulya, Nanga Bulik, Senin.

"Program BLT-DD bersumber dari Dana Desa berupa uang tunai sebesar Rp600 ribu dan penyerahan hari ini di Desa Arga Mulya seterusnya akan diikuti oleh desa - desa lain di Kabupaten Lamandau," ujarnya.

Menurut orang nomor satu di Bumi Bahaum Bakuba itu, program BLT-DD adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat yang menginstruksikan kepada seluruh desa agar menggunakan sebagian anggaran dana desa untuk disalurkan kepada masyarakat sebagai upaya penanggulangan dampak wabah corona virus disease atau COVID-19 yang saat ini dirasakan oleh masyarakat.

Ditegaskannya, warga yang mendapatkan BLT-DD adalah warga di luar daftar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan sebesar Rp600 ribu itu akan diterima masyarakat selama tiga bulan yakni terhitung April hingga Juni 2020.

Hendra berharap agar program BLT-DD dapat tepat sasaran distribusinya kepada warga tidak mampu, maka proses pendataan semua program bantuan harus melibatkan semua unsur di desa, dengan mendapat pengawasan ketat dari TNI dan Polri. Hal ini bertujuan agar program tersebut dapat benar-benar sampai kepada yang membutuhkan dan tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

"Pendataan harus melibatkan semua unsur desa, dengan begitu maka program ini dapat tepat sasaran dan sesuai aturan yang berlaku," tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lamandau, Muriadi menyampaikan jumlah penerima BLT-DD di Desa Arga Mulya, Kecamatan Bulik berjumlah 31 Kepala Keluarga (KK) di luar penerima BPNT dan PKH.

Dengan dimulainya penyaluran BLT-DD di Desa Arga Mulya maka desa lainnya di Kabupaten Lamandau segera menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat.

"Kita berharap desa lain segera mengikuti Desa Arga Mulya untuk menyalurkan BLT-DD kepada masyarakat," demikian Muriadi.

Untuk diketahui, pemerintah pusat menyiapkan anggaran untuk BLT-DD sebesar Rp22,4 atau 31 persen dari total dana desa tahun 2020 yang nilainya mencapai Rp71,19 triliun.

Baca juga: 13 kontak erat kasus positif COVID-19 Lamandau berhasil dilacak

Baca juga: Pemkab Lamandau siap gelar pasar murah tersasar skala besar