Kapan harusnya melakukan USG saat hamil?

id usg,usg kehamilan,Kapan harusnya melakukan USG saat kehamilan?,usg saat hamil ,ibu hamil,kandungan

Kapan harusnya melakukan USG saat hamil?

Ilustrasi seorang wanita menjalani pemeriksaan USG (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Pemeriksaan kehamilan salah satunya ultrasonography atau USG bisa dilakukan saat trimester pertama bukannya melulu di trimester ketiga, menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RS Pondok Indah - Pondok Indah, Muhammad Fadli.

"USG dilakukan di trimester satu untuk menentukan lokasi kehamilan, berapa banyak kehamilan dan usia kehamilan. USG tidak hanya di trimester ketiga, untuk melihat wajah dan jenis kelamin janin," kata dia dalam live webinar "Keluhan pada Masa Kehamilan dan Penanganannya", Kamis.

Pemeriksaan USG di awal trimester kehamilan juga bisa membantu mendeteksi masalah selama kehamilan termasuk nyeri atau keluhan yang tak normal seperti pendarahan tak wajar, pusing hebat, keram dan lainnya.

Fadli mengatakan, sebenarnya keluhan para wanita hamil bisa berbeda-beda mulai dari pegal-pegal, nyeri di area vagina, sakit pinggang, ingin sering buang air kecil, sakit gigi dan masih banyak lainnya.

Hanya saja mereka perlu mana yang wajar dan tidak. Di sinilah pentingnya pemeriksaan USG, di samping konsultasi ke dokter.

"Pendarahan kalau volume banyak, (berlangsung) lama dipastikan dengan USG, jangan-jangan hamil anggur atau pendarahan disertai butiran seperti anggur, bisa juga karena keputihan, mungkin terbentuk janin hormon turun lalu terjadi pendarahan. Penting USG di trimester satu," kata Fadli.

Selama hamil, para wanita disarankan tetap menerapkan gaya hidup sehat antara lain pola konsumsi bergizi seimbang dan berolahraga rutin. Untuk jenis olahraga yang dipilih sebaiknya berenang atau yang cenderung tidak berisiko membuat terbentur atau jatuh.

Jangan lupa lakukan peregangan sebelum berolahraga untuk mencegah risiko terjadinya cedera.