Tujuan wisata yang diincar masyarakat Indonesia saat normal baru

id wisata indonesia,normal baru,new normal,Tujuan wisata yang diincar masyarakat Indonesia saat normal baru

Tujuan wisata yang diincar masyarakat Indonesia saat normal baru

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Fase normal baru memberi harapan untuk pelancong yang rindu bertualang, meski kondisinya akan jauh berbeda dibandingkan masa sebelum pandemi COVID-19.

Berdasarkan riset Pegipegi terhadap 900 responden di Indonesia, sebanyak 67 persen responden tertarik untuk bepergian di fase normal baru, sisanya belum merencanakan perjalanan.

Sebanyak 73 persen berencana bepergian dalam kurun dua bulan mendatang, dengan alasan keperluan keluarga (33 persen), melepas penat (26 persen) serta bisnis dan pendidikan.

Baca juga: Persiapan bioskop buka kembali saat normal baru

Dalam riset tersebut, terungkap tujuan wisata yang diincar masyarakat Indonesia pada fase normal baru. Sebanyak 91 persen responden menjadikan destinasi domestik sebagai pilihan utama, di mana kota Yogyakarta, Bandung dan Jakarta jadi pilihan utama.

Kota lain yang juga banyak dipilih adalah Surabaya, Bali, Semarang, Padang, Palembang, hingga Sabang.

Sedangkan sedikitnya 9 persen lainnya memilih untuk jalan-jalan ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan beberapa negara lainnya seperti Arab Saudi, Australia, Korea, dan Belanda.

Angka ini menunjukkan bahwa masyarakat memilih destinasi yang relatif lebih dekat dan mudah dijangkau pada situasi new normal.

Baca juga: Tiket.com hadirkan fitur tiket CLEAN untuk pastikan keamanan di normal baru

“Kami memahami masyarakat sejauh ini telah berusaha semaksimal mungkin untuk tetap di rumah dan menunda bepergian demi keamanan dan kesehatan bersama. Pada masa transisi ini kami melihat keinginan untuk bepergian mulai meningkat," kata Serlina Wijaya, Chief Marketing Officer Pegipegi, dalam siaran resmi, Senin.

Sementara moda transportasi yang dipilih pada fase normal baru didominasi pesawat (53 persen), kemudian kendaraan pribadi (27 persen), kereta api (16 persen) disusul dengan bus (4 persen).

Setengah responden tertarik untuk menjelajahi wisata alam, sementara 24 persen memilih wisata kuliner ketika tiba saatnya untuk kembali bepergian.

Baca juga: Cara aman naik pesawat saat normal baru

Baca juga: Jalan-jalan ke mal? Jangan lupa siapkan ini terlebih dulu

Baca juga: 3 bulan jalani karantina, wisata alam jadi tren di era normal baru