DPRD Barut dukung pembangunan Jembatan Sikan-Tumpung Laung

id jembatan sikan - tumpung laung,dprd barito utara,komisi 3 dprd barut,dinas pupr barut

DPRD Barut dukung pembangunan Jembatan Sikan-Tumpung Laung

Ketua Komisi III DPRD Barito Utara H Tajeri (kanan) foto bersama anggota dewan lainnya H Abri dan H Benny Siswanto di lokasi pembangunan jembatan Sikan-Tumpung Laung Kecamatan Montallat, Kamis (2/7/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara mendukung dibangunnya jembatan yang melintasi Sungai Barito yang menghubungkan Desa Sikan - Kelurahan Tumpung Laung Kecamatan Montallat melalui pekerjaan kontrak tahun jamak (multiyears).

"DPRD secara keseluruhan mendukung pembangun jembatan yang menggunakan anggaran tahun jamak  atas persetujuan fraksi yang ada di DPRD Barito Utara yang dianggarkan sejak tahun lalu dan  pekerjaan fisik dimulai 2020 ini," kata Ketua Komisi III DPRD Barito Utara H Tajeri pada acara syukuran pemancangan tiang pertama jembatan tersebut di rumah jabatan Camat Montallat di Kelurahan Tumpung Laung, Kamis.

Menurut dia, pihaknya sangat mendukung program pembangunan jembatan ini untuk membuka keterisolasian suatu daerah. Yang tentunya akan memberi dampak kemajuan bagi daerah setempat. Karena ekonomi masyarakat akan terbuka.

"Kita harapkan dibangunnya jembatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah setempat," kata dia didampingi anggota DPRD lainnya H Abri dan H Benny Siswanto.

Tajeri berkeyakinan sebagaimana yang disampaikan oleh Kabid Bina Marga bahwa pekerjaan ini akan berjalan lancar dan sukses. Selain itu, kegiatan pemacangan tiang jembatan hari ini sebagai upaya Pemkab Barito Utara untuk dapat mengusulkan supaya mendapat bantuan baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR.

"Belajar dari pengalaman seperti adanya pembangunan jembatan Muara Teweh-Jingah depan Water Front City (WFC) kami berkeyakinan Dinas PUPR bisa mendapatkan bantuan APBD I baik dari Pemprov Kalteng maupun APBN dari pemerintah pusat untuk kegiatan jembatan. DPRD siap mengawal program ini baik dari sisi anggaran maupun pengawasannya,” kata Tajeri.

Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara H Rody ketika berada di lokasi pembangunan jembatan mengatakan sebenarnya pembangunan jembatan Sikan-Tumpung Laung ini sudah dilakukan sejak 2019 lalu, namun dalam bentuk perencanaan seperti studi kelayakan (feasibility study) dan lain-lainnya.

"Untuk pembangunan secara fisik dimulai tahun ini  dengan alokasi dana sebesar Rp21,8 miliar  ditandai pemacangan tiang jembatan dengan konstruksi rangka baja dengan panjang bentangan 400 meter serta lebar 6 meter," kata dia.

Ia mengatakan, jembatan ini nantinya bisa dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat. Karena jalan ini nantinya merupakan akses menunju ke Palangka Raya, ibu kota Provinsi Kalteng.

"Kita harapkan pekerjaan jembatan ini  tanpa ada kendala sehingga sesuai kontrak  multiyears  pada 2022 mendatang sudah  rampung," ujar Rody.