Pj Bupati ingin Katinting Race menjadi agenda tahunan

id pemkab murung raya, katinting race, penjabat bupati hermon, pelabuhan sungai putri sikan, puruk cahu, balap perahu, mura, murung raya

Pj Bupati ingin Katinting Race menjadi agenda tahunan

Pj Bupati Murung Raya, Hermon (tengah) membuka Katinting Race yang dilaksanakan di Pelabuhan Sungai Putir Sikan Kota Puruk Cahu, Jumat (24/11/2023). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi/Istimewa)

Puruk Cahu (ANTARA) -
Penjabat Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Hermon secara resmi membuka Katinting Race 2023 yang dilaksanakan di Pelabuhan Sungai Putir Sikan Kota Puruk Cahu, Jumat (24/11).
 
Kegiatan yang diinisiasi Katinting Kalteng tersebut dilaksanakan selama tiga hari di Sungai Barito, yakni sejak 24-26 November 2023 dengan total hadiah sebanyak Rp120 juta.
 
"Kami akan melakukan koordinasi dengan beberapa pemangku kepentingan, agar ada upaya pembinaan terhadap para atlet katinting di Murung Raya," kata Pj Bupati Murung Raya Hermon.
 
Hermon juga menyampaikan, dirinya berkeinginan agar katinting race yang baru pertama kali dilaksanakan di Murung Raya, bisa dijadikan agenda tahunan bersamaan dengan beberapa cabang olahraga lain yang sudah berjalan.
 
Sementara itu, Ketua Panitia Katinting Race Murung Raya 2023, Susilo mengatakan, panitia menyiapkan sebanyak tiga buah sepeda motor sebagai hadiah dan apbila ditotalkan semua hadiahnya adalah senilai Rp120 juta.
 
Dia mengatakan kegiatan tersebut selain untuk memberikan hiburan kepada masyarakat, juga dalam rangka memperkenalkan olah raga balap sungai yakni katinting serta memperkenalkan Murung Raya agar dikenal lebih luas lagi.
 
“Ada tiga kelas lomba yang dipertandingkan, yakni tune up maksimal piston 94, kelas standar dan kelas open dengan umur 40 tahun ke atas,” jelasnya.

Baca juga: Ketua DPRD Murung Raya pastikan pembahasan APBD 2024 akuntabel dan transparan
 
Ketua Dewan Pembina Katinting Kalteng, Nadalsyah menyampaikan terima kasih kepada semua unsur di Kabupaten Murung Raya karena telah mendukung penuh terselenggarannya lomba tersebut hingga mendapat sambutan meriah dari warga Murung Raya, khususnya yang berada di Kota Puruk Cahu.
 
“Lomba katinting race ini tidak hanya kami selenggarakan di Murung Raya, tetapi juga sudah kami selenggarakan di Kota Palangka Raya beberapa waktu lalu. Kami rencanakan lomba ini dilaksanakan di seluruh kabupaten di Kalteng, dan setelah ini Katinting Race kami agendakan di Kapuas,” terangnya.

Baca juga: Pemkab tetapkan UMK 2024 Murung Raya sebesar Rp3,5 juta

Baca juga: Survey Re-Akreditasi UPT Puskesmas Saripoi diharapkan dapat hasil Paripurna

Baca juga: Program pangan Pemkab Mura dukung percepatan penurunan kemiskinan