Pemkab Barut siapkan Rumah Betang untuk ruang isolasi

id rumah betang muara teweh,ruang isolasi tambahan,rsud muara teweh,gugus tugas barito utara

Pemkab Barut siapkan Rumah Betang untuk ruang isolasi

Rumah Betang yang berada di kawasan Stadion Olahraga Swakarya Muara Teweh.ANTARA/Kasriadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, kini telah menyiapkan Rumah Betang yang berada di kawasan Stadion Olahraga Swakarya Muara Teweh sebagai tempat tambahan ruang isolasi terkait COVID-19.

"Sesuai hasil rapat yang dipimpin Sekda H Jainal Abidin maka disetujui rumah Betang dari beberapa alternatif yang paling siap dan refresentatif  sebagai tempat tambahan ruang isolasi selain di RSUD Muara Teweh," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Barito Utara H Siswandoyo di Muara Teweh, Sabtu.

Menurut dia, ruang isolasi rumah betang ini untuk mengantisipasi membludaknya pasien  tergolong Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang saat ini memenuhi ruang isolasi di RSUD Muara Teweh.

Terkait ruang isolasi ini, kata dia, pihaknya menyelamatkan masyarakat banyak di Barito Utara apa bila OTG, ODP dan PDP  tidak diisolasi maka penularan virus corona penyebab COVID-19 semakin tidak terkendali.

"Untuk dipahami dan diketahui masyarakat, bahwa penularan COVID-19 tidak melalui udara atau airborn deases,  tapi  penularan bisa droplet, kontak erat, dan barang-barang yang terkontaminasi, virus  corona bisa dihindari dengan sering cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak, semoga masyarakat  memahaminya," kata  Siswandoyo yang juga menjabat Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara ini.   

Saat ini RSUD Muara Teweh merawat 20 orang terkait OTG, ODP dan PDP serta delapan pasien positif COVID-19.

"Jadi rencananya ruang isolasi rumah betang  hanya ditempati OTG, ODP dan PDP, sedangkan pasien COVID-19 di ruang Matahari RSUD Muara Teweh," kata Siswandoyo.   

Baca juga: Pasien positif COVID-19 Barut kembali bertambah dua orang