Ganti makanan kucing bisa sebabkan bulunya rontok?

id Kucing,makanan kucing,bulu kucing rontok,Ganti makanan kucing bisa sebabkan bulunya rontok?

Ganti makanan kucing bisa sebabkan bulunya rontok?

Ilustrasi-Seekor kucing bersandar di bahu pemiliknya saat mengikuti Festival Kucing Kampung di Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (16/2/2020). ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/foc/am.

Jakarta (ANTARA) - Pemilik anak bulu mungkin khawatir bila bulu kucing mendadak banyak yang rontok, terutama ketika ada perubahan seperti mengganti jenis pakan.

Sama seperti rambut manusia yang rontok, kucing juga mengalami kerontokan bulu, kata dokter hewan Novi Wulandari.

"Bulu rontok tidak selalu karena pergantian makanan, tapi itu hal yang normal," kata Novi dalam webinar Peduli Kucing Sekitar Kita yang dikutip ANTARA, Minggu.

Bulu-bulu kucing dapat rontok bila pemiliknya memberikan makanan yang lebih berkualitas. Kerontokan adalah salah satu efek detoksifikasi karena kucing mendapat asupan makanan yang lebih baik. Proses ini bisa memakan waktu hingga dua pekan.

"Nanti habis shedding, bulunya lebih mengkilat dan kulitnya lebih sehat," jelas dia.

Baca juga: Apakah kebutuhan nutrisi kucing ras dan lokal berbeda?

Baca juga: Bantu selamatkan warga, kucing di Jepang diberi penghargaan

Namun, makanan yang tidak sehat serta kondisi tidak fit dan penyakit yang tidak terdeteksi juga bisa menjadi penyebab bulu kucing rontok. Bila penyebabnya tidak kunjung diketahui, periksakan si anak bulu ke dokter hewan untuk mendapatkan solusinya.

Kucing butuh pakan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral serta antioksidan.

Selain mengganti makanan, bulu kucing dapat rontok ketika si anak bulu sedang birahi, hamil, juga melahirkan.

Bulu kucing rontok bisa juga disebabkan oleh infeksi atau parasit yang membuat kulit kucing gatal. Garukan yang berlebihan bisa membuat bulunya rontok sehingga bagian tersebut jadi botak.