DPRD Kapuas dorong masyarakat budidayakan ikan patin

id DPRD Kapuas dorong masyarakat budidayakan ikan patin, Kapuas, DPRD kapuas

DPRD Kapuas dorong masyarakat budidayakan ikan patin

Kelompok Budidaya Ikan Panamas Membangun Kelurahan Panamas Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas, panen ikan patin. ANTARA/ HO-Kelurahan Panamas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, Pariz Ismet Rinjani, mendorong pengembangan budidaya ikan patin, diantaranya seperti yang dilakukan oleh Kelurahan Panamas Kecamatan Selat.

"Kami sangat mendukung pembagian sejumlah bantuan berupa benih ikan, pakan ikan dan mesin pengolahan pakan ikan yang diupayakan oleh Kelurahan Panamas, melalui Dinas Perikanan Kapuas, dalam rangka memenuhi pasokan ikan di daerah Panamas dan sekitarnya," kata Pariz Ismet Rinjani di Kuala Kapuas, Kamis.

Menurutnya, sektor perikanan merupakan salah satu potensi yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah setempat, khususnya di Kelurahan Panamas.

Oleh sebab itu, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas I Kecamatan Selat ini, sangat mendukung terobosan tersebut. Pria yang akrab disapa Ismet ini meminta kepada masyarakat di kelurahan setempat, dapat memanfaatkan potensi tersebut serta dapat mengelola kolam dengan sungguh-sungguh. 

"Dengan pengelolaan yang serius,  diharapkan sektor perikanan ini dapat berkembang, sehingga nantinya sektor ini dapat menjadi unggulan," harap politisi Partai Demokrat ini.

Sementara itu, Lurah Panamas Yaya Setiabudi mengatakan, kegiatan budidaya ikan ini sudah berjalan sekitar tujuh tahun dan hampir setiap kepala keluarga memiliki kolam ikan. Saat ini sudah ada koperasi sebagai kelompok budidaya ikan di Kelurahan Panamas.

Kelurahan Panamas sendiri, merupakan pemasok ikan patin terbesar di daerah setempat. Kelompok Budidaya Ikan Panamas Membangun di kelurahan setempat, terbilang berhasil dan sukses.

Untuk mendukung agar berkembang dengan baik dalam melakukan budidaya ikan, belum lama tadi menerima bantuan program budidaya perikanan dari pemerintah kabupaten melalui Dinas Perikanan setempat. Bantuan yang diberikan, yakni benih ikan, pakan dan mesin pengolah pakan ikan. Bantuan tersebut diharapkan bermanfaat bagi gabungan kelompok budidaya ikan tersebut.

"Mewakili masyarakat dan pemerintah kelurahan, kami berterima kasih dengan adanya bantuan ini," ucap Yaya.

Yaya juga mengharapkan bantuan yang diberikan itu, menjadi contoh dalam mengelola kegiatan budidaya ikan di Kelurahan Panamas serta menjadi salah satu terobosan untuk kemajuan di bidang perikanan.

“Harapannya kedepan bisa lebih maju dan berkembang sebagai pemicu kelangsungan pelaku usaha budidaya ikan, maupun pertumbuhan ekonomi,” demikian Yaya.

Baca juga: IDM di Kapuas berhasil meningkat menjadi berkembang

Baca juga: Kapuas urutan empat peredaran narkoba di Kalteng

Baca juga: DPRD Kapuas ikuti bimtek optimalisasi fungsi pengawasan LKPjdi Bandung

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar