Berlian terlangka di dunia akan dilelang bulan depan

id Berlian,Berlian terlangka di dunia ,berlian 102 karat,Berlian terlangka di dunia akan dilelang bulan depan

Berlian terlangka di dunia akan dilelang bulan depan

An employee of Sotheby's poses with a perfect 100+ carat diamond, the second largest oval diamond of its kind to ever appear at an auction which will be auctioned by Sotheby's in Hong Kong in October, in the Manhattan borough of New York City, New York, U.S., September 9, 2020. Picture taken September 9, 2020. REUTERS/Carlo Allegri (REUTERS/CARLO ALLEGRI)

Jakarta (ANTARA) - Salah satu berlian terlangka di dunia, ukurannya seperti telur atau permen lolipop besar, akan dilelang bulan depan dan diperkirakan akan dijual dengan harga 12 juta dolar AS (Rp180 miliar) hingga 30 juta dolar AS (Rp450 miliar).

Sotheby's mengatakan, Kamis, bahwa berlian putih 102,39 karat tanpa cela ini adalah berlian oval terbesar kedua dari jenisnya yang ditawarkan di pelelangan.

Yang terbesar, berlian 118,28 karat, mencetak rekor harga 30,8 juta dolar AS (Rp462 miliar) saat dijual pada 2013.

Hanya ada tujuh berlian serupa, yang dikenal sebagai berlian warna D sempurna atau berlian putih tanpa cacat, lebih dari 100 karat yang pernah dilelang.

"Semakin banyak orang yang memahami bahwa sesuatu yang berusia miliaran tahun dan seukuran permen lolipop dapat menyimpan nilai sebanyak lukisan diri Rembrandt atau Basquiat," kata Gary Schuler, kepala perhiasan dunia di Sotheby's, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters.

Baca juga: Berlian mentah terbesar kedua di dunia

Berlian akan dilelang di Sotheby's di Hong Kong pada 5 Oktober.

"Berlian dengan ukuran dan kaliber ini telah terjual antara 11,9 juta dolar AS hingga 33,7 juta dolar AS," kata Quig Bruning, kepala departemen perhiasan Sotheby di New York.

Sotheby's mengatakan permata itu dipotong dari butiran kasar 271 karat yang ditemukan di Tambang Victor di provinsi Ontario, Kanada pada 2018 dan dipotong serta dipoles selama lebih dari setahun.

Dua dari berlian besar paling terkenal - Koh-i-Noor dan The Cullinan 1 - adalah milik kerajaan Inggris dan merupakan bagian dari Permata Mahkota Inggris.

Rekor dunia untuk setiap berlian atau permata yang dijual di lelang ditetapkan pada 2017 ketika berlian merah muda cerah 59,60 karat dijual seharga 71,2 juta dolar AS ke perusahaan perhiasan Hong Kong Chow Tai Fook, kata Sotheby's.

Baca juga: Berlian terbesar kedua di dunia dari Louis Vuitton

Baca juga: Interpol usut hilangnya permata di Festival Cannes

Baca juga: Festival Cannes dicemari insiden pencurian perhiasan