HKTI Kapuas diharapkan bantu peningkatan kesejahteraan petani

id HKTI Kapuas diharapkan bantu peningkatan kesejahteraan petani, Kapuas, petani kapuas

HKTI Kapuas diharapkan bantu peningkatan kesejahteraan petani

Pelaksana Tugas Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor, bersama Ketua DPD HKTI Provinsi Kalteng, Iwan Kurniawan, serta pengurus yang baru dikukuhkan, melakukan foto bersama. ANTARA/Istimewa

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Kapuas, resmi dikukuhkan kepengurusannya oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HKTI Provinsi Kalimantan Tengah.

“Semoga ini bisa menjadi sebuah batu loncatan HKTI Kabupaten Kapuas, dalam membantu dan mensejahterakan petani Kapuas,” kata Ketua DPD HKTI Provinsi Kalimantan Tengah, Iwan Kurniawan, usai mengukuhkan pengurus DPC dan DPAC Kabupaten Kapuas, Selasa.

Menurutnya, pertanian di Kapuas tengah menjadi perhatian, khusunya terkait program Food Estate yang digagas oleh pemerintah pusat yang dilaksanakan di kabupaten ini. Jangan sampai petani lokal di daerah ini hanya menjadi penonton di daerah sendiri tanpa berbuat apa apa.

Untuk itu, Iwan menegaskan kepada DPC dan DPAC yang baru dilantik supaya bekerja dengan setulus hati. Dia berharap pelantikan kali ini bukan hanya sekadar acara seremonial belaka.

Turut hadir Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kapuas, Kepala Perangkat Daerah Pemkab Kapuas, Ketua DPC HKTI Kabupaten Kapuas Supenpri dan Tokoh Agama/Masyarakat Kabupaten Kapuas.

Nafiah Ibnor mengucapkan selamat kepada DPC dan DPAC HKTI Kabupaten Kapuas yang telah dilantik. Dia berharap agar petani Kapuas menuju ke arah yang lebih baik serta berkualitas.

“Pemerintah Kabupaten Kapuas akan membantu dan mendukung sepenuhnya tugas pokok dan fungsi dari Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Kabupaten Kapuas agar bisa membantu memajukan pertanian di Kabupaten Kapuas,” kata Nafiah Ibnor.

Kabupaten Kapuas sekarang dikenal sebagai lumbung pangan di Provinsi Kalimantan Tengah dengan kurang lebih 52 persen kebutuhan padi Kalteng berasal dari kabupaten ini. Selain itu, Kapuas juga telah berperan dalam menyediakan produk pertanian lainnya seperti komoditas hortikultura, peternakan, perkebunan maupun perikanan.

“Kebijakan pembangunan pertanian yang telah kita kembangkan selama ini melalui pembangunan agribisnis sudah tepat. Saya berkeyakinan bahwa pembangunan pertanian yang dikelola dengan baik dan bijak bukan hanya dapat meningkatkan pendapatan penduduk secara merata serta berkelanjutan. Di sinilah peran HKTI bersinergi dengan pemerintah daerah akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPC HKTI Kabupaten Kapuas Supenpri, merasa sangat bersyukur dengan telah dilantiknya kepengurusan HKTI kabupaten dan kecamatan di Kabupaten Kapuas.

“Semoga dapat melahirkan kader – kader yang ikut aktif dalam program Food Estate di Kabupaten Kapuas, karena ini merupakan potensi besar HKTI Kabupaten Kapuas,” demikian Supemri.

Baca juga: Seorang oknum PNS Kapuas diduga menipu bermodus pengangkatan tenaga honorer

Baca juga: Sugianto Sabran borong dagangan pedagang dan bagikan ke warga di Kapuas

Baca juga: Komisi IV dukung pembentukan UPTD PPA di Kapuas