Penjabat Bupati Kapuas apresiasi kinerja jajaran MUI

id Penjabat Bupati Kapuas apresiasi kinerja jajaran MUI, kalteng, kapuas, Ulama, islam

Penjabat Bupati Kapuas apresiasi kinerja jajaran MUI

Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi, menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Rapat Pengurus Paripurna dan Halal Bihalal MUI Kabupaten Kapuas, di Aula Sekretariat MUI Kapuas, Senin (29/4/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Penjabat Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, mengapresiasi kinerja jajaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) di daerah itu dalam menjalankan bidang keagamaan dan membina masyarakat.

“Pemkab Kapuas mengapresiasi dan mendukung kerja MUI Kabupaten Kapuas,” kata Erlin Hardi di Kuala Kapuas, Selasa.

Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di kabupaten setempat saat memberikan sambutan pada acara halalbihalal MUI Kabupaten Kapuas bertempat di Aula Sekretariat MUI Kapuas Jalan Pemuda Kuala Kapuas.

Untuk mendukung kegiatan MUI Kapuas, Erlin Hardi mengatakan bahwa pemerintah daerah akan memberikan bantuan operasional berupa sepeda motor kepada pengurus MUI kecamatan yang akan dianggarkan melalui Bagian Kesra.

Lebih lanjut disampaikannya, dalam era globalisasi dan modernisasi saat ini, peran ulama dituntut untuk semakin aktif dalam menyikapi segala permasalahan umat.

Pembinaan masyarakat yang merupakan salah satu fungsi dari Majelis Ulama Indonesia merupakan bagian dari dalam upaya peningkatan kualitas iman dan takwa. Dengan demikian peran ulama terlebih pengurus MUI Kabupaten Kapuas sangat penting, sehingga pihaknya mengapresiasi hasil Kerja MUI Kapuas selama ini.

Baca juga: BPJN Kalteng periksa kondisi Jembatan Pulau Telo Kapuas

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif diantara umara (pemimpin) dan ulama sesuai dengan keinginan pemerintah daerah terhadap organisasi-organisasi keagamaan, khususnya MUI yang nantinya bisa memberikan kiprah yang positif terhadap pemerintah Kabupaten Kapuas,” tuturnya.

Wakil Ketua Umum MUI Provinsi Kalteng KH Abdul Wahid menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh MUI Kabupaten Kapuas, terutama dalam rangka mencermati pelaksanaan program pembinaan keumatan.

“Melihat Kabupaten Kapuas dibandingkan dengan kabupaten lain lebih maju sebab dilihat dari aktivitas MUI di kecamatan juga keliatan. Disamping ini Pemerintah Kabupaten Kapuas juga telah memberikan dukungan yang nyata untuk MUI kecamatan,” demikian Abdul Wahid

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua MUI Kapuas KH Nurani Sarji, Wakil Ketua Umum MUI Provinsi Kalteng KH Abdul Wahid, seluruh pengurus MUI Se-Kabupaten Kapuas dan para tokoh agama.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan bahwa MUI merupakan lembaga yang bertugas untuk memberikan pertimbangan terhadap suatu keputusan atau kebijakan pemerintah yang menyangkut urusan agama. Sebagai suatu lembaga keagamaan, maka peran dan fungsi MUI saat ini sangat penting terutama fungsi pembinaan terhadap umat Islamiyah dalam bidang keagamaan.

Baca juga: Pemkab Kapuas raih tiga rekor Muri dalam sehari

Baca juga: Pemkab Kapuas terus deteksi wilayah rawan konflik jelang Pilkada 2024

Baca juga: Pemkab Kapuas terus deteksi wilayah rawan konflik jelang Pilkada 2024