Legislator Palangka Raya ajak masyarakat antisipasi banjir dengan menjaga drainase

id Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Jum'atni ,DPRD Kota Palangka Raya,DPRD Palangka Raya

Legislator Palangka Raya ajak masyarakat antisipasi banjir dengan menjaga drainase

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Jumat'ni. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Jum'atni mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu untuk mengantisipasi terjadinya banjir dengan cara menjaga fungsi saluran drainase di musim hujan seperti sekarang ini.

"Untuk mengantisipasi banjir terjadi di pemukiman warga yakni menjaga drainase berjalan sesuai dengan fungsinya, apalagi musim hujan sudah mulai tiba," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Anggota DPRD Palangka Raya itu mengatakan, apabila nantinya ada pemukiman warga yang terendam banjir akibat genangan air hujan yang turun dengan intensitas deras jangan sampai menyalahkan pemerintah setempat.

Sebab, pemerintah di daerah itu serta para wakil rakyat yang ada di Lembaga DPRD Kota Palangka Raya tidak henti-henti memberikan imbauan dan mengajak untuk menjaga saluran drainase di dekat pemukiman mereka.

"Kalau ada endapan lumpur serta sampah alangkah baiknya segera dibersihkan dengan cara gotong royong, karena kalau tidak segera dibersihkan di musim hujan akan menjadi fungsi drainase tidak bisa berjalan dengan normal," bebernya.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Palangka Raya itu menyarankan kepada warga, apabila kawasan pemukimannya tidak terendam banjir akibat genangan air hujan maka segera mengajak warganya untuk bergotong royong.

Baca juga: Orang tua disarankan larang anaknya ikut aksi unjuk rasa

Dia mengatakan tidak hanya lurah di daerah yang selama ini menjadi langganan banjir akibat genangan air hujan tersebut, harus turun ke pemukiman warga dan mengingatkan mengenai hal tersebut.

"Kalau lurahnya sudah mengingatkan mengenai hal itu, tinggal kepedulian dari masyarakatnya saja lagi. Jadi kalau terjadi banjir pemukiman serta lain sebagainya jangan salahkan pemerintah setempat," ungkap Jum'atni.

Pria yang gemar dengan syair-syair lagu dangdut tersebut menambahkan, kesadaran masyarakat untuk membersihkan lingkungan atau saluran drainase di pemukiman nya sendiri harus ditingkatkan lagi.

Apabila tidak ditingkatkan, tentunya banyak hal yang nantinya akan merugikan masyarakat setempat salah satunya pemukiman bisa terendam banjir serta sumber penyakit bisa bermunculan akibat warganya tidak menjaga kebersihan di setiap lingkungannya.

"Mari membiasakan hidup sehat sehingga komplek pemukiman warga terhindarkan dari segala hal, baik itu banjir dan munculnya penyakit yang dapat mengganggu kesehatan warga setempat serta lain sebagainya," tandasnya.

Baca juga: Legislator Palangka Raya dukung program ketahanan pangan daerah

Baca juga: Kasus anak-anak tewas di lokasi proyek jangan terulang lagi

Baca juga: ASN Palangka Raya harus terus berinovasi tingkatkan pelayanan publik