Dukung ketahanan pangan, PT Sukajadi Sawit Mekar bantu pembersihan kebun warga

id Dukung ketahanan pangan, PT Sukajadi Sawit Mekar bantu pembersihan kebun warga, PT ssm, Sukajadi Sawit Mekar, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Dukung ketahanan pangan, PT Sukajadi Sawit Mekar bantu pembersihan kebun warga

Pelaksana Tugas Camat Telawang Ady Chandra, Kepala Desa Sebabi Dematius, anggota TNI, manajemen perusahaan dan masyarakat berfoto usai pembersihan lahan warga oleh PT Sukajadi Sawit Mekar. ANTARA/HO-PT SSM

Sampit (ANTARA) - Berbagai cara dilakukan perusahaan besar PT Sukajadi Sawit Mekar untuk mendukung ketahanan pangan Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, salah satunya dengan membantu pembersihan lahan pertanian milik warga.

"Kegiatan yang baru selesai adalah "mechanical stacking" untuk tanam sayur-mayur ketahanan pangan seluas 25 hektare di Desa Sebabi Kecamatan Telawang," kata Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalimantan Tengah, Teuku Kanna di Sampit, Jumat.

Dalam kegiatan ini, lahan yang digunakan menjadi kebun adalah milik warga setempat, sedangkan pihak perusahaan membantu pembersihannya. Untuk pembersihan lahan, perusahaan yang bernaung di bawah bendera Musim Mas Group ini mengerahkan ekskavator milik mereka.

Menurut Kanna, kegiatan ini sangat bagus karena akan memberikan nilai ekonomi kepada masyarakat. Di sisi lain, ini juga sejalan dengan tekad pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan daerah.

Lahan telantar bisa dimanfaatkan untuk menanam sayuran dan buah-buahan. Perawatannya juga tidak sulit, apalagi sebagian masyarakat memang sudah terbiasa bertani.
 

Perwakilan PT Sukajadi Sawit Mekar memantau pembersihan lahan pertanian milik warga Desa Sebabi. ANTARA/HO-PT SSM

Terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi saat ini, ketahanan pangan daerah harus dijaga. Bagi masyarakat, memanfaatkan lahan dengan menanam sayuran dan lainnya akan mendatangkan penghasilan tambahan, setidaknya hasilnya nanti juga bisa dikonsumsi oleh keluarga sendiri.

"Kami berharap hasil pertaniannya nanti bisa memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat. Dan ini juga sejalan dengan upaya kita bersama menjaga ketahanan pangan daerah," kata Kanna.

Sementara itu, kegiatan pembersihan lahan itu juga dihadiri Pelaksana Tugas Camat Telawang Ady Chandra, Kepala Desa Sebabi Dematius, perwakilan TNI dan masyarakat setempat. Kegiatan berjalan lancar sehingga lahan tersebut tinggal ditanami oleh masyarakat.

Ady Chandra menyampaikan terima kasihnya kepada PT Sukajadi Sawit Mekar atas bantuannya dalam penyiapan lahan pertanian untuk masyarakat. Dia sangat mengapresiasi karena ini sangat bermanfaat dan bisa memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat setempat.

Dia juga berharap warga bisa menanam dan merawat tanaman nanti dengan baik sehingga bisa memberikan hasil panen yang menggembirakan. Kegiatan ini diharapkan menjadi pemicu bagi masyarakat lainnya untuk melakukan kegiatan serupa karena sangat bermanfaat.

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar kerahkan ekskavator bantu masyarakat membuat kolam ikan

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar Berikan 475 paket perlengkapan sekolah untuk pelajar di sekitar perusahaan

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar optimalkan CAP dukung ketahanan pangan

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar Bagendang berikan bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar