Kadisdik Pulang Pisau motivasi guru menjadi inspirasi peserta didik

id Kadisdik Pulang Pisau motivasi guru menjadi inspirasi peserta didik, pulang pisau, hari guru nasional, hg

Kadisdik Pulang Pisau motivasi guru menjadi inspirasi peserta didik

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau, Nunu Andriani Pratowo. ANTARA/ Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Nunu Andriani Pratowo berharap dalam momen peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 ini, guru bisa menjadi inspirasi peserta didik untuk berbuat yang lebih baik lagi. 

“Para guru di tingkat satuan pendidikan diharapkan bisa terus melakukan aktivitas yang mampu memberikan inspirasi dan mendorong peserta didik berbuat lebih baik lagi,” ucap Nunu di Pulang Pisau, Rabu. 

Dikatakan Nunu, bahwa guru adalah sebagai contoh yang digugu dan ditiru sehingga menjadi tugas dan tanggung jawab yang berat bagi seorang guru. Ia mengakui di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, pekerjaan guru jauh menjadi ekstra lebih berat dari biasanya, yakni sebelum pandemi para guru hanya bekerja di sekolah. 

Selama pandemi COVID-19, terang Nunu, guru bekerja melalui proses metode Pembelajaran Jarak Jauh Belajar Dari Rumah (PJJBDR) baik dengan pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) maupun Luar Jaringan (Luring) maupun dengan metode kombinasi keduanya menyesuaikan kondisi wilayah. 

“Untuk yang Luring, para guru harus mengunjungi rumah-rumah peserta didik sehingga komitmen dan kerjasama dibutuhkan dari para orang tua,” terang Nunu. 

Lebih lanjut dijelaskan Nunu, para orang tua juga harus mendampingi anak atau peserta didik dalam proses pembelajaran tersebut. Sebelum pandemi COVID-19, para orang tua menitipkan anak mereka kepada sekolah, namun dalam masa pandemi ini peran orang tua lebih utama dalam kerjasama memberikan pengawasan kepada anak-anak dalam belajar. 

“Bagaimanapun dalam proses Daring maupun Luring, anak-anak tetap harus dipantau oleh para orang tua sehingga dapat menerima pelajaran dengan baik dari guru,” papar Nunu. 

Dalam peringatan Hari Guru Nasional tahun ini, Nunu menegaskan Dinas Pendidikan setempat tidak membuat acara secara khusus karena mengantisipasi penyebaran COVID-19 dengan mengumpulkan banyak orang. 

Dia mengucapkan selamat kepada para guru yang bertugas di wilayah Kabupaten Pulang Pisau dan tetap selalu komitmen menjalankan tugas dalam mencerdaskan seluruh anak-anak bangsa.

 

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar