Pemkab Barsel dukung diversifikasi pangan

id Pemkab barsel, barito selatan, buntok, diversifikasi pangan

Pemkab Barsel dukung diversifikasi pangan

Ilustrasi pangan lokal (ANTARA/HO)

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah siap mendukung dan menyukseskan upaya pemerintah pusat terkait diversifikasi pangan.

"Kami juga mendukung program mengurangi konsumsi nasi yang diganti dengan mengonsumsi makanan dari pangan unggulan lokal," kata Wakil Bupati Barito Selatan Satya Titiek Atyani Djoedir di Buntok, Selasa.

Diversifikasi pangan yakni program atau gerakan agar masyarakat tak hanya terpaku pada satu jenis makanan pokok, serta terdorong mengonsumsi bahan pangan lainnya.

Berdasarkan arahan Menteri Pertanian, kenyang tidak harus makan nasi, tapi dengan memakan selain nasi juga bisa kenyang, sehingga produk unggulan lokal perlu dikembangkan untuk mendukung program tersebut.

Untuk itu, pelaku usaha yang dapat mengembangkan produk unggulan lokal di wilayah Barito Selatan ini harus terus didorong dan didukung.

"Karena di daerah ini ada beberapa produk lokal unggulan yang bisa terus dikembangkan," jelasnya.

Adapun produk unggulan lokal yang ada dan akan dikembangkan tersebut, seperti ikan dan jagung yang produksinya dalam setiap tahun selalu surplus.

Menurutnya produk unggulan tersebut perlu dikembangkan secara optimal, selain mendukung diversifikasi pangan, juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah setempat.