Desa Danau Bambure jadi contoh Program Pamsimas Indonesia

id Pemkab barsel, barsel, barito selatan, buntok, desa danau bambure, desa percontohan nasional

Desa Danau Bambure jadi contoh Program Pamsimas Indonesia

FOTO DOKUMENTASI - Kasi BUMDes dan Usaha Ekonomi Masyarakat, Maria Ulfah (kanan) saat menjadi narasumber di Bali pada 25-27 November 2020. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Buntok (ANTARA) - Desa Danau Bambure, Kecamatan Dusun Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah dijadikan contoh pengembangan kolaborasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Indonesia.

"Desa Danau Bambure sebagai contoh bagi 27 ribu desa yang ada di Indonesia terkait hal itu," kata Kabid Penataan dan Kerjasama Desa Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barito Selatan, Juharnita di Buntok, Kamis.

Program Pamsimas sudah berjalan dengan baik dan sambungan air bersihnya sudah teraliri 100 persen kepada 95 kepala keluarga (KK) yang ada di desa tersebut.

"Sedangkan kadar airnya bersumber dari mata air dengan PH 6,5. Dengan air itu sudah bisa langsung dikonsumsi tanpa melalui proses kimia," katanya didampingi Kasi BUMDes dan Usaha Ekonomi Masyarakat, Maria Ulfah.

Ia menjelaskan setelah Program Pamsimas ini berakhir pada 2021 mendatang, maka pengembangannya akan diserahkan Kementerian PU kepada Kementerian Desa dan PDTT.

Dalam pengembangan kolaborasinya ada tiga pilihan, yakni dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Corporate Social Responsibility (CSR) dan Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

"Untuk Desa Danau Bambure memilih kolaborasinya dengan BUMDes yang sudah berdiri sejak 2016 lalu dan melalui BUMDes ini nantinya akan dikelola menjadi usaha air minum," jelasnya.