Pemkab Lamandau dukung inovasi pengembangan sorgum

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, hendra lesmana

Pemkab Lamandau dukung inovasi pengembangan sorgum

Panen sorgum KTNA di Desa Jangkar Prima, Kecamatan Sematu Jaya, Jumat, (4/12/2020). (ANTARA/Yansyah)

Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana menegaskan, pemkab terus mendorong para petani untuk mengembangkan usaha tani sesuai dengan permintaan.

"Pemkab selalu mendorong inisiatif dan inovasi, guna menciptakan komoditas-komoditas unggulan berbasis lingkungan," katanya di Desa Jangkar Prima, Kecamatan Sematu Jaya, Jumat.

Hal itu ia sampaikan saat kegiatan panen sorgum di lahan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA). Sorgum merupakan tanaman serbaguna yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber pangan.

Selain itu juga dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan kelima setelah gandum, jagung, padi dan jelai.

Adapun untuk menciptakan dan mengembangkan produk unggulan, Hendra menjelaskan, harus terlebuh dulu diketahuinya pasar yang akan menampung produk-produk yang diusahakan.

"Kita harus tahu keberlangsungan terhadap hasil yang nanti didapat, apakah bisa diserap oleh pasar," jelasnya.

Sorgum merupakan salah satu ide yang baik, dimana hasilnya bisa digunakan untuk kebutuhan pangan dan batangnya sebagai pakan ternak.

"Ini nantinya dapat dikembangkan secara luas di Lamandau," ungkap Hendra.

Lebih lanjut ia juga mengapresiasi KTNA yang memberi contoh nyata dalam pengembangan sorgum, sedangkan dinas terkait agar menindaklanjuti pengembangan sorgum tersebut.