Pemberlakuan jam malam di Kapuas efektif cegah kerumunan perayaan tahun baru

id Pemberlakuan jam malam di Kapuas efektif cegah kerumunan perayaan tahun baru, Kapuas, tahun baru, Kapolres kapuas

Pemberlakuan jam malam di Kapuas efektif cegah kerumunan perayaan tahun baru

Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Septedy, bersama Kapolres Kapuas, AKBP Manang Soebeti, memberikan bingkisan kepada para petugas pengamanan malam tahun baru di Kota Kuala Kapuas, Kamis (31/12/2020). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar patroli berskala besar dalam rangka pengamanan tahun baru 2021 di daerah setempat, Kamis (31/12) malam seiring pemberlakuan jam malam.

"Kami bersama stakeholder pemerintah daerah, TNI/Polri saat ini sedang melakukan patroli berskala besar dalam rangka pengamanan tahun baru 2021," kata Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, usai memimpin apel gabungan patroli berskala besar di Kuala Kapuas, Kamis malam.

Patroli berskala besar juga dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan pemberlakuan jam malam di daerah setempat. Dalam patroli tersebut, petugas mendatangi sejumlah tempat keramaian dan tempat nongkrong warga setempat, seperti kafe, restoran dan lainnya.

Sesuai pemberlakuan jam malam, sebelum pukul 24.00 WIB, tidak ada lagi aktivitas masyarakat dan tidak ada perayaan malam tahun baru 2021. Kebijakan itu untuk mencegah terjadinya kerumunan warga karena berpotensi terjadinya penularan COVID-19.

"Kami mendatangi tempat-tempat yang biasanya digunakan nongkrong oleh anak-anak seperti kafe, restoran dan lainnya di mana pada saat ini harus sudah tutup," katanya.

Manang mengatakan, patroli berskala besar ini juga dilakukan sebagai bentuk upaya pihaknya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Hingga saat ini penularan virus mematikan itu masih sangat tinggi di Kabupaten Kapuas.

Untuk itu, ia berharap kepada masyarakat di daerah setempat untuk tidak keluar merayakan pergantian tahun. Masyarakat tetap menaati protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Dalam patroli berskala besar pada malam itu, bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti juga memberikan bingkisan kepada para petugas yang berjaga di simpang Jalan Meranti, simpang Jalan Cilik Riwut dan bundaran besar Kota Kapuas.

Sementara dari pantauan, aparat gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub melakukan penjagaan ketat di jalur akses masuk Kota Kuala Kapuas, tepatnya di bundaran besar Jalan Pemuda Kuala Kapuas.

Baca juga: Kasus kejahatan narkoba masih menonjol di Kapuas