Optimalkan penanggulangan COVID-19, Kapolda Kalteng siapkan personel

id Irjen Pol Dedi Prasetyo ,Kapolda Kalimantan Tengah,Kapolda Kalteng,Kalimantan Tengah,kalteng,Operasi Aman Nusa II ,COVID-19,penanggulangan covid di ka

Optimalkan penanggulangan COVID-19, Kapolda Kalteng siapkan personel

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo pantau personelnya yang mengikuti tes cepat di halaman Barigas Polda Kalteng Jalan Tjilik Riwut Km 1 Kota Palangka Raya, Senin (11/1/2021). ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Irjen Pol Dedi Prasetyo memeriksa sarana dan prasarana dan personel yang kembali dipersiapkan, sebagai upaya mendukung pengoptimalan penanggulangan pandemi COVID-19 di provinsi setempat.

Penyediaan kembali Sarpras dan 138 personel pendukung COVID-19 itu karena angka penderita COVID-19 di provinsi ini masih relatif tinggi, kata Dedi di Lapangan Barigas Mapolda Kalteng, Kota Palangka Raya, Senin. 

"Jadi, kami kembali menyelenggarakan Operasi Aman Nusa II yang diikuti 138 personel gabungan Satuan Kerja (Satker) Polda Kalteng. Jumlah itu masih ditambah lagi dengan anggota Polres jajaran Polda Kalteng," beber dia.

Dikatakan, dengan diadakannya operasi kepolisian yang berorientasi pada pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) COVID-19, diharapkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) dapat terlaksana dengan baik.

Jenderal bintang dua itu mengatakan sejumlah kegiatan kepolisian yang digelar akan berjalan secara maksimal jika masyarakat bersama instansi terkait selalu bersinergi, khususnya dalam penanggulangan pandemi COVID-19.

"Sebelum bertugas di lapangan, agar seluruh ketentuan berupa Perda maupun Pergub dalam penanganan pandemi COVID-19 untuk selalu dipedomani guna mencegah kesalahan sekaligus mempermudah rekan-rekan sebelum bertindak," sebutnya.

Baca juga: Para tokoh diajak edukasi masyarakat terkait keamanan vaksin COVID-19

Sebanyak 138 personel yang tergabung dalam Operasi Aman Nusa II sebelum diterjunkan ke lapangan menjalankan melaksanakan tugas dibebankan kepada mereka, diperintahkan Kapolda Kalteng seluruhnya wajib melakukan tes cepat guna mengetahui kesehatan sebelum bertindak.

"Dilakukannya tes cepat terhadap 138 personel yang tergabung Operasi Aman Nusa II bertujuan untuk mengetahui kesehatan personel. Kalau ada yang sakit tentunya akan digantikan dengan personel lain sehingga operasi tersebut bisa berjalan sesuai dengan rencana," tandasnya.

Selain personel Polda Kalteng, puluhan personel Polresta Palangka Raya yang tergabung di Tim Satgas COVID-19 kota setempat juga gencar melakukan penanggulangan penyebaran COVID-19 di wilayah setempat.

Baik dengan menggelar razia masker di sejumlah titik yang ada di kota setempat, serta kawasan pemukiman padat penduduk. Apabila ada kedapatan petugas tidak akan segan-segan menindak tegas dan memberikan sanksi sosial dan denda berupa uang sesuai aturan yang sudah diberlakukan di wilayah setempat.

Baca juga: BI ingatkan kesinambungan pemulihan ekonomi di Kalteng perlu dijaga

Baca juga: Presiden Jokowi minta 'food estate' selesai tahun ini

Baca juga: Kalteng berpotensi dilanda cuaca ekstrem puncak musim hujan