Bupati Bartim terharu solidaritas warga bantu korban banjir

id Bupati Bartim terharu solidaritas warga bantu korban banjir, Bartim, Barito timur, banjir kalsel 497 Views

Bupati Bartim terharu solidaritas warga bantu korban banjir

Bupati Bartim Ampera AY Mebas didampingi Wabup Habib Said Abdul Saleh Al Qadry dan Sekda Panahan Moetar, memberangkatkan bantuan untuk korban banjir dan longsor di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalsel, Selasa (19/1/2021). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang  (ANTARA) - Bupati Barito Timur Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas merasa sangat terharu dengan solidaritas dan tenggang rasa masyarakat setempat yang sangat tinggi dalam membantu korban bencana banjir dan longsor di sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Solidaritas dan tenggang rasa yang tinggi perlu dipupuk terus menerus, sehingga memberikan peran positif dalam satu rasa kepedulian kepada sesama,” kata Ampera AY Mebas usai memberangkatkan bantuan untuk korban banjir di halaman Kantor Bupati Bartim Tamiang Layang, Selasa.

Ampera mengaku terus memantau aktivitas aksi solidaritas yang dilakukan organisasi kemasyarakatan maupun komunitas dalam menggalang bantuan di sejumlah titik di kecamatan-kecamatan.

Semangat gotong-royong dan kepedulian warga yang tinggi membuat berbagai macam bantuan bisa terkumpul hingga dilakukan pendistribusian ke lokasi titik korban banjir.

Ampera menambahkan, bantuan yang terdiri dari beberapa bahan pokok diantaranya telur ayam ras, merupakan hasil dari pembelian dari pembudidayaan masyarakat di 10 kecamatan di Bartim.

Menurutnya, ini merupakan upaya positif karena kegiatan sosial memberikan bantuan untuk korban bencana banjir di Kalimantan Selatan, sekaligus pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bartim sendiri.

“Telurnya beli dari pembudidaya lokal. Ini bagus sekali karena sekaligus pemberdayaan masyarakat dalam program ekonomi kerakyatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Ampera

Ketua PCNU Kabupaten Bartim, Ahmad Gazali mengatakan, bantuan yang yang diberangkatkan untuk didistribusikan ke sejumlah desa di wilayah Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan, merupakan hasil penggalangan bantuan oleh PCNU Bartim dan beberapa organisasi kemasyarakatan lainnya.

“Banyak donatur yang ikut membantu, baik perorangan hingga Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang,” kata Ahmad Gazali.

Dia menambahkan, bantuan tahap pertama telah didistribusikan. Pemberangkatan ini merupakan bantuan yang siap didistribusikan pada tahap kedua yang sudah dibentuk dalam paket terbungkus satu kantong plastik.

Bantuan yang didistribusikan yakni satu ton beras, telur ayam ras, minyak goreng hingga dan pembalut wanita. Bantuan diangkut menggunakan armada truk dan mobil Pemkab Bartim.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih Bupati Bartim dan Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang, mudah-mudahan kerjasama ini bisa kita tingkatkan dan senantiasa bersinergi, bahwa ini merupakan wujud kepedulian kita sebagai umat manusia kepada sesama,” demikian Ahmad Gazali.

Baca juga: Camat di Bartim diperintahkan pantau kondisi sungai antisipasi banjir

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar