Raih banyak penghargaan, bukti BPJAMSOSTEK profesional kelola SDM

id BPJS Ketenagakerjaan,BPJAMSOSTEK ,Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Palangka Raya,Palangka Raya,Royyan Huda,Kalimantan Tengah, Kalteng

Raih banyak penghargaan, bukti BPJAMSOSTEK profesional kelola SDM

Kantor BPJAMSOSTEK Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang terletak di Jalan RTA Milono Km 3,5. ANTARA/ HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan atau biasa dikenal dengan BPJAMSOSTEK sejak tahun 2016 hingga 2020, telah banyak penghargaan dari dalam negeri hingga internasional yang diraih, karena dianggap serta terbukti berhasil dalam mengelola Sumber Daya Manusia.

Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Palangka Raya Royyan Huda, Senin, mengatakan bahwa penghargaan yang diraih itu Indonesia Human Capital Award (IHCA), yang mulai dari 2016 hingga tahun 2020 selalu diraih.

Kemudian penghargaan dari Employer of Choice pada level Asia, dimana BPJAMSOSTEK dinobatkan sebagai institusi yang memanfaatkan teknologi dengan baik dalam pengelolaan SDM, khususnya rekrutmen dan juga Strategi Human Capital dan Leader Terbaik dalam pengelolaan SDM.

"Dengan pengelolaan SDM yang baik dan menerapkan inovasi dalam organisasi menjadi kunci penting bagi pencapaian yang diraih BPJAMSOSTEK selama ini," kata Royyan Huda.

Dikatakan, konsistensi pengelolaan SDM di BPJAMSOSTEK saat ini juga telah dibuktikan dengan Karyawan Cabang Palangka Raya yang mengutamakan integritas dan bekerja sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh management.

"Konsistensi pengelolaan SDM di BPJAMSOSTEK selama ini harus terus dipertahankan dan dapat dijadikan percontohan bagi instansi atau perusahaan lain," bebernya.

Selanjutnya, Manajemen BPJAMSOSTEK selalu berkeinginan untuk terus berbenah dan belajar dari praktek terbaik, yang dilakukan perusahaan atau institusi lain pada tingkat regional hingga nasional juga memiliki peranan penting agar BPJAMSOSTEK dapat mencapai posisi yang diraih saat ini.

Bahkan pengelolaan SDM termasuk di dalamnya pola rekrutmen yang adil dan transparan, remunerasi, hingga promosi dan mutasi karyawan yang obyektif serta adil dan berbasis pada praktek terbaik yang sudah ada dan telah diterapkan di perusahaan lain.

"Mutasi karyawan juga selalu didasarkan pada Manpower Planning atau perencanaan tenaga kerja yang dibuat, khususnya terkait promosi karyawan bahkan untuk promosi pejabat level 1, juga harus melalui Uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan secara ketat," ungkap Royyan Huda.

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diminta tingkatkan kesadaran patuhi perda

Sementara itu, dalam rilisnya Ketua Umum Serikat Pekerja (Ketum SP) BPJAMSOSTEK Tri Candra Kartika mengatakan, keberhasilan pengelolaan SDM BPJAMSOSTEK yang telah diterapkan dengan baik dan pantas diberi apresiasi baik skala nasional maupun internasional.

SP BPJAMSOSTEK juga dilibatkan dalam pengelolaan SDM BPJAMSOSTEK yaitu mendapatkan kesepakatan, yang mengacu pada peraturan internal dan hubungan bipartit antara SP dengan Manajemen BPJAMSOSTEK yang kemudian dituangkan dalam bentuk pedoman dalam penyusunan kebijakan pengelolaan human capital.

"Pengelolaan SDM yang baik dan menerapkan inovasi dalam organisasi menjadi kunci penting bagi pencapaian yang diraih BPJAMSOSTEK selama ini," tandasnya.

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diajak manfaatkan lahan tidur

Baca juga: Tubuh tetap stabil, Ketua DPRD Palangka Raya jalani vaksin tahap dua

Baca juga: Guru honorer masa abdi lama diharapkan jadi prioritas P3K