Legislator ini menilai kinerja kepala desa di Barsel sudah bagus

id Legislator ini menilai kinerja kepala desa di Barsel sudah bagus, DPRD Barsel, barsel, Barito selatan

Legislator ini menilai kinerja kepala desa di Barsel sudah bagus

Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, H Raden Sudarto saat diwawancarai di Buntok, Senin (1/2/2021). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah H Raden Sudarto menilai kinerja kepala desa di wilayah setempat sudah bagus.

"Hal tersebut berdasarkan hasil kunjungan kerja yang telah kami laksanakan disejumlah desa beberapa waktu lalu," katanya, di Buntok, Senin.

Menurut dia, dari sisi pelayanan kepada masyarakat, hubungan dengan masyarakat maupun dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan lainnya, sudah bagus.

"Penilaian yang kita lakukan itu, selain berdasarkan kunjungan ke pemerintahan desa, juga kita dapatkan informasi dari masyarakat desa," ucap politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan.

Berdasarkan hasil dialog dengan masyarakat pada kunjungan kerja itu, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan desa tersebut sudah bagus.

Ia mengharapkan, hal-hal yang sudah bagus tersebut dapat dipertahankan. Bahkan, dia mendorong agar capaian itu terus ditingkatkan, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa optimal.

Pihaknya juga mendukung upaya dari Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (DSPMD) yang akan menerapkan sistem Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) berbasis online.

"Meskipun demikian, masih ada desa yang belum ada jaringan internet untuk mendukung penerapan APBDes berbasis online atau daring itu," kata dia.

Raden Sudarto juga meminta kepada DSPMD Barito Selatan bisa menganggarkan untuk pemasangan repeater atau penguat sinyal, sehingga sistem APBDes berbasis online bisa diterapkan di semua desa.

Selain itu kata dia, masyarakat juga mengharapkan kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Selatan agar mengupayakan membangun menara telekomunikasi, supaya komunikasi masyarakat dengan rekan dan kerabat mereka yang berada di luar desa bisa lancar.

"Karena, selama ini masyarakat desa yang wilayahnya masih belum ada jaringan telepon dan internet atau blank spot itu mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan rekan atau keluarga mereka yang berada di luar desa lantaran belum ada jaringan komunikasi itu," demikian Raden Sudarto.


Baca juga: UMKM Barsel didorong optimalkan media sosial untuk pasarkan produk