UMKM Barsel didorong optimalkan media sosial untuk pasarkan produk

id UMKM Barsel didorong optimalkan media sosial untuk pasarkan produk, barsel, Barito selatan

UMKM Barsel didorong optimalkan media sosial untuk pasarkan produk

Anggota DPRD Barito Selatan, Rusinah Andelen. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Buntok (ANTARA) - Anggota DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Rusinah Andelen meminta kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya.

"Karena, dengan memanfaatkan media sosial akan banyak keunggulan dan jangkauannya lebih luas dalam memasarkan hasil produk olahan," katanya di Buntok, Senin.

Dikatakannya, dengan memanfaatkan media sosial dan jejaring sosial itu, maka akan tercipta pasar baru yang diharapkan akan mampu meningkatkan pendapatan bagi pelaku UMKM yang ada di Barito Selatan ini.

Selain itu, ia juga mengharapkan kepada pelaku UMKM memperhatikan kualitas dalam memasarkan setiap produknya. Hal itu sangat penting agar produk yang dipasarkan mampu menarik minat konsumen untuk membelinya.

Apalagi lanjut dia, dalam kemajuan teknologi seperti saat ini, pelaku usaha dituntut untuk terus mengembangkan berbagai inovasi dan kreativitas. Persaingan yang semakin ketat membutuhkan motivasi tinggi agar bisa memenangkan persaingan pasar.

"Termasuk membuat ide-ide kreatif lainnya, sehingga produk olahan yang akan dipasarkan mampu menarik pembeli dan juga mampu bersaing dengan produk dari daerah lainnya," tambah politisi dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Barito Selatan itu.

Ia mencontohkan, inovasi dan kreasi itu salah satunya seperti dari kemasan produk. Pelaku UMKM diingatkan tidak menganggap sepele kualitas kemasan produk karena itu merupakan salah satu faktor yang bisa menarik minat pembeli.

"Kemasan juga berpengaruh terhadap ketahanan dan kualitas produk contohnya makanan. Apabila dikemas tidak sesuai standar maka ditakutkan tidak dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama," tambah dia.

Rusinah Andelen juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan dapat merangkul para pelaku UMKM di daerah ini dalam mengembangkan usaha meningkatkan pendapatannya.

"Kita mengharapkan kepada dinas terkait agar memberikan pelatihan-pelatihan untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta keterampilannya, sehingga mereka bisa mengembangkan produknya yang mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya," demikian Rusinah Andelen.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Barsel ajak masyarakat dukung program vaksinasi COVID-19