Gubernur Kalteng tinjau perkembangan infrastruktur sejumlah sektor

id Pemprov kalteng, kalimantan tengah, sugianto sabran, food estate, wilayah barat, kobar, kotawaringin barat, pangkalan bun, pelabuhan, peternakan sukam

Gubernur Kalteng tinjau perkembangan infrastruktur sejumlah sektor

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (tengah) tiba di Pangkalan Bun, Senin, (22/2/2021). (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menjelaskan, ia beserta jajaran melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kotawaringin Barat dan sekitarnya untuk memantau percepatan pembangunan infrastruktur.

"Juga pembangunan sektor pertanian dan peternakan dalam arti luas, diantaranya pelabuhan dan peternakan sapi," kata Sugianto Sabran di Pangkalan Bun, Senin.

Hal ini sebagai salah satu upaya pemerintah provinsi mewujudkan ekonomi Kalimantan Tengah agar tetap berjalan baik meski di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Pihaknya ingin melihat secara langsung perkembangan infrastruktur di wilayah barat dan daerah lainnya, dalam rangka mendukung pengembangan program food estate di wilayah Kalteng.

Ia menjelaskan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meninjau peternakan di Sukamara beberapa waktu lalu berharap, agar peternakan tersebut dapat dioptimalkan dan akan membantu suplai kebutuhan daging bagi daerah di luar Kalteng.

Pemerintah provinsi bersama kabupaten dan kota pun, berupaya mengoptimalkan sarana dan prasarana penunjang yang dimiliki daerah, guna mendukung pengembangan program strategis dari pemerintah pusat.

Pihaknya pun berencana meninjau sejumlah pelabuhan di wilayah Kotawaringin Barat sebagai alternatif pelabuban pengiriman sapi.

Sugianto mengatakan, masyarakat Kalteng harus bersyukur dengan adanya proyek strategis nasional pengembangan food estate. Program ini merupakan desain pertanian modern masa depan yang memiliki konsep pengembangan pangan yang terintegrasi, meliputi pertabuan, perkebunan hingga peternakan dalam suatu kawasan, serta terdiri dari beberapa klaster.

"Juga penempatan cadangan pangan strategis lahan singkong. Semua ini harus kita jawab dengan kinerja, tanggung jawab," ungkapnya dalam rilis yang disampaikan Diskominfosantik Kalteng.

Melalui kerja keras dengan menyukseskan berbagai program dan kegiatan termasuk food estate, diharapkan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), termasuk kesejahteraan masyarakat.

Turut mendampingi gubernur dalam kegiatan tersebut Anggota DPR RI Agustiar Sabran, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah provinsi dan lainnya, serta Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah beserta jajaran yang menyambut kedatangan gubernur.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar