Bupati Lamandau ajak masyarakat cegah karhutla

id Pemkab lamandau, bupati lamandau, hendra lesmana, nanga bulik, bpbd lamandau, karhutla, kebakaran hutan dan lahan, kalteng, kalimantan tengah

Bupati Lamandau ajak masyarakat cegah karhutla

Bupati Lamandau Hendra Lesmana (kanan) bersama pihak BPBD setempat di Kecamatan Bulik, Jumat, (5/3/2021). (ANTARA/Ho-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mengajak seluruh pihak termasuk masyarakat, untuk bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Semoga kebakaran yang menyebabkan kabut asap dapat kita minimalisir, untuk itu tim pengamanan tetap semangat dan siaga," katanya saat dihubungi dari Nanga Bulik, Senin.

Baru-baru ini usai ia beserta jajaran melakukan kunjungan ke Desa Batu Kotam, Kecamatan Bulik, juga menyempatkan meninjau kesiapan pos karhutla yang disiagakan pemkab di Desa Kujan.

"Kita semua berharap melalui peran aktif seluruh lapisan masyarakat, karhutla di Lamandau dapat kita redam," harapnya.

Masyarakat juga diimbau agar tidak ada yang membuka lahan dengan cara dibakar. Untuk itu, Babinsa maupun Bhabinkamtibmas dapat melakukan sejumlah pendekatan yang bersifat persuasif kepada masyarakat.

Pendekatan dimaksud berkaitan dengan adanya kebiasaan masyarakat membuka lahan dengan cara dibakar.

Kebakaran hutan dan lahan dapat dicegah atau diminimalisir dengan adanya kerja sama dari semua pihak, baik pemerintah daerah, lintas sektor maupun masyarakat.

Melalui kerja sama dan kepedulian semua pihak untuk mencegah karhutla, diharapkan kabut asap tidak terjadi, sebab banyak memberikan dampak negatif, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi.