Vaksinasi COVID-19 petugas pelayanan publik di Kapuas dimulai

id Vaksinasi COVID-19 petugas pelayanan publik di Kapuas dimulai, Kalteng, Kapuas, vaksinasi

Vaksinasi COVID-19 petugas pelayanan publik di Kapuas dimulai

Penyuntikan pertama vaksinasi COVID-19 Anggota Polres Kapuas, Kabupaten Kapuas, Senin (8/3/2021). ANTARA/All Ikhwan

Kuala KapuasĀ  (ANTARA) - Vaksinasi COVID-19 terhadap petugas pelayanan publik di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mulai dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan setempat, Senin.

“Hari ini kita fokuskan di Polres Kapuas penyuntikan pertama ada 500 anggota Polres yang terdaftar kepada kami,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr Tri Setya Utami, di sela kegiatan vaksinasi di Kuala Kapuas.

Dikatakannya, pihaknya beberapa waktu lalu sudah menerima vaksin COVID-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng sebanyak 3.700 dosis. Vaksin tersebut diperuntukkan untuk vaksinasi pelayanan publik di daerah setempat.

Pelayanan publik ini, lanjutnya, mulai dari TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, pegawai honorer, guru, jurnalis dan petugas pelayan publik lainnya.

Vaksinasi petugas pelayanan publik dilaksanakan di daerah setempat dilakukan secara bertahap sesuai dengan ketersediaan vaksin yang ada.

“Sebanyak 3.700 dosis vaksin tersebut itu masih sedikit, artinya setelah itu nanti akan ada lagi termin-termin berikutnya. Jadi kami berusaha untuk melaksanakan vaksinasi untuk 3.700 itu secara bertahap sesuaikan dengan ketersediaan vaksin,” katanya.

Pihaknya berharap, partisipasi dari petugas pelayanan publik tersebut bisa menjadi contoh dan tetap memperhatikan protokol kesehatan walaupun sudah divaksin. Jangan sampai setelah divaksin merasa sudah kebal dan baik-baik saja, protokol tidak diterapkan dengan sebaik-baiknya.

“Untuk pelayanan publik yang belum mendapat giliran, tidak mengapa, insya Allah vaksin ini termin-termin berikutnya akan datang. Kami berusaha melaksanakan vaksinasi ini secara bertahap,” ucap Try.

Sementara itu, salah satu anggota Polres Kapuas, AKP Mochamad Rizal Fauzi usai mendapatkan suntikan pertama vaksinasi COVID-19 mengaku, tidak merasakan gejala-gejala apapun setelah divaksin.

“Alhamdulillah hingga sampai tiga puluh menit diminta menunggu, saya tidak ada merasakan gejala-gejala yang ditimbulkan. Saya merasa baik-baik saja setelah disuntik vaksin,” katanya.

Baca juga: Pintu air di kawasan food estate Kapuas akan dibenahi